News

Biasakan Anak Memakan Sayuran

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan harus di berikan asupan gizi yang baik agar dia dapat tumbuh dengan sehat. Gizii yang diperlukan untuk pertumbuhan anak, banyak terkandung di dalam berbagai jenis sayuran. Oleh karena itu, anak-anak harus mengkonsumsi sayuran agar mereka mendapatkan gizi yang seimbang. Yuk Biasakan Anak Memakan Sayuran.

Pemenuhan gizi anak itu sangat penting

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat dan pintar. Maka untuk mencapai tujuan tersebut, maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dengan membiasakannya memakan sayuran. Inilah beberapa tujuan dari pemenuhan gizi si anak.

Biasakan Anak Memakan Sayuran

  1.       Meningkatkan daya tahan tubuh

Makanan yang bernutrisi dan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh si anak. Sebab, gizi yang baik itu dapat memberikan asupan bagi sel-sel tubuh. Sehingga tubuh akan memiliki sistem kekebalan yang dapat melindungi tubuh dari paparan kuman, virus dan lainnya. Jadi, tubuh si anak tidak mudah terjangkit penyakit.

  1.       Menjaga kesehatan

Karena gizi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Maka akan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena daya tahan tubuh yang meningkat, maka kesehatan si anak pun terjaga. Selain itu, pemenuhan asupan gizi anak juga dapat meningkatkan daya pemulihan tubuh, sehingga masalah-masalah kecil dalam tubuh cepat teratasi sebelum menjadi penyakit.

  1.       Sumber energi

Anak-anak itu harus diberikan asupan gizi yang baik. Sebab, anak-anak itu cenderung lebih aktif dan banyak bergerak. Oleh karena itu, asupan gizi yang baik ini berperan sebagai sumber energi. Agar si anak tidak lesu dan terus bersemangat.

Sayuran merupakan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Terdapat beberapa sayuran yang bisa langsung dimakan tanpa dimasak, seperti wortel. Dan juga kebanyakan sayuran dimakan setelah diolah atau dimasak terlebih dahulu. Rasa dari sayuran itu bergantung pada jenis sayuran dan cara pengolahannya.

Baca Juga : Berbagai Olahan Timun dan Khasiatnya

Sayur-sayuran termasuk dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Namun, banyak anak-anak yang tidak suka makan sayuran karena tidak suka rasanya. Agar si anak yang tidak suka makan sayuran menjadi mau untuk memakan sayuran, orang tua harus kreatif dalam penyajian dan pengolahan sayurannya.

Berikut beberapa langkah untuk menjadikan anak suka dengan sayuran :

  1.       Makan sayur bersama-sama

Agar anak-anak mau untuk memakan sayuran, kita harus menimbulkan kesan bahwa sayuran itu enak. Dengan makan bersama-sama, anak-anak cenderung meniru orang yang ada disekelilingnya. Maka akan timbul rasa penasaran di benak si anak, sehingga anak mau untuk mencoba makan sayuran. 

  1.       Sajikan dengan menarik

Penyajian makanan sangat mempengaruhi anak-anak. Jika sayuran disajikan dengan menarik, maka anak-anak pun akan tertarik untuk makan sayuran. Oleh karena itu, sajikanlah sayuran dengan semenarik mungkin. Yaitu, sajikan dengan warna yang bervariasi dan bentuk-bentuk yang  menarik.

  1.       “Sembunyikan” sayuran dalam makanannya

Jika si anak benar-benar tidak suka pada sayuran tertentu. Maka kita bisa sembunyikan sayuran tersebut dalam makanannya. Jadi, si anak akan memakannya tanpa mengetahuinya. Misal dipotong kecil-kecil. Karena yang terpenting adalah gizinya masuk dalam tubuhnya.

  1.       Libatkan anak

Libatkan anak dalam pengolahan sayuran. Seperti ikut membantu memasak, meskipun hanya sekedar memperhatikannya saja. Jika anak sudah terbiasa berinteraksi dengan sayuran tersebut, maka pemikiran bahwa sayuran itu tidak enak akan hilang. Sehingga dia tertarik untuk mencoba sayuran tersebut.

Sahabat, sangat penting membiasakan anak untuk tidak pilih-pilih makanan, karena itu merupakan cara kita membiasakan anak untuk bersyukur. Yuk Sahabat, Biasakan Anak Memakan Sayuran.

Share it on