News

Bolehkah Menyerahkan Zakat kepada Anak Yatim dari Kerabat Sendiri ?

Bolehkan Menyerahkan Zakat Kepada Anak Yatim

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, mengenai perihal masalah zakat yang kita keluarkan kepada anak yatim apakah boleh atau tidak? dalam surah Al-Baqarah, ayat 215, Allah Ta’ala berfirman: “Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” Yuk kita simak artikel Bolehkah Menyerahkan Zakat kepada Anak Yatim dari Kerabat Sendiri ?

Sahabat, mengenai ayat di atas membahas harta yang kita keluarkan mengenai sedekah, infaq dan juga nafkah. Akan tetapi mengenai persoalan zakat beda lagi Kak. Sahabat mengenai hukum zakat sebagaimana yang ada di dalam Al-Qur’an. Allah Ta’ala berfirman :  : “Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, para mualaf, hamba sahaya, orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana” (QS. At-Taubah : 60).

Bolehkan Menyerahkan Zakat Kepada Anak Yatim

                           Bolehkan Menyerahkan Zakat Kepada Anak Yatim

Sahabat, mengenai masalah zakat, ternyata anak yatim bisa dikatakan orang yang berhak menerima zakat. Apabila anak yatim tersebut belum terpenuhi kebutuhan dasar atau tidak ada orang yang menanggung kehidupannya secara penuh serta tidak memiliki harta. Jadi, yang menyebabkan anak yatim mendapatkan hak zakat bukan karena masalah dia sebagai anak yatim, akan tetapi sebagai orang miskin atau fakir.

Zakat Kepada Anak Yatim

Terkait dengan masalah zakat kepada anak yatim, seorang Ulama yakni Ibnu Utsaimin dalam Majmu’ Fatawa menuliskan, “anak yatim yang miskin berhak menerima zakat. Jika Anda menyerahkan zakat Anda kepada pengurus anak yatim miskin ini, zakat Anda sah apabila pengurus ini adalah orang yang amanah” Sebagian orang beranggapan bahwa anak yatim memiliki hak zakat, apapun keadaannya. Padahal tidak demikian. Karena kriteria yatim bukanlah termasuk salah satu yang berhak mengambil zakat.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman seperti ayat yang di atas  mengenai golongan yang berhak menerima zakat. Sahabat, jika anak yatim tersebut memenuhi persyaratan dari 8 golongan yang sudah dijelaskan di atas, maka anak yatim berhak untuk mendapatkan zakat kita Kak. Namun jika anak yatim tersebut hidup dengan serba lebih (kecukupan), dan tidak termasuk golongan 8 diatas, maka tidak berhak untuk menerima zakat.

Yuk Zakat Untuk Anak Yatim

Yuk Kak, tunaikan zakat kepada anak yatim sangat membutuhkan bantuan, sebab mereka harus berjuang memenuhi kebutuhan hidup mereka. Di karenakan tidak ada lagi yang memenuhi kebutuhan mereka. Dan insya Allah, Allah akan berikan keberkahan kepada siapa saja yang mau menyantuni dan memelihara anak yatim. 

Share it on