Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Bosan Membaca Qur’an! Inilah Tips Dalam mengatasinya

Griya Yatim Dhuafa
Bosan Membaca Qur'an! Inilah Tips Dalam Mengatasinya
                      Bosan Membaca Qur’an! Inilah Tips Dalam Mengatasinya

Donasiberkah – Mengerjakan amal ketaatan, mendulang pahala kebaikan memanglah tidak selalu beriring mudah. Akan ada saat-saat sulit yang datang sebagai ujian. Tidak terkecuali dalam membaca Al Quran. Ada saat-saat jenuh dan bosan menghampiri jiwa memang yang tidak luput dari kealpaan. Inilah artikel tentang bosan membaca Al-Qur’an! inilah tips dalam mengatasinya.

“Seandainya hatimu benar-benar bersih, tentu engkau tidak akan bosan membaca firman-firman Allah ‘Azza wa Jalla.” (Ustman bin Affan). Ya, jenuh dan bosan itu asalnya dari hati yang kurang bersih. Semoga Allah senantiasa memberikan kita pertolongan, sehingga di jauhkan dari rasa jenuh dan bosan membaca Quran.

Baca Juga : Kunci Mendapatkan Ketenangan

Kitab Sebagai Pedoman Kehidupan 

Ketahuilah bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci Ummat Islam yang tak perlu lagi diragukan kebenerannya. Di dalamnya terkandung panduan sekaligus pedoman hidup bagi manusia, yang dimana sudah sangat sempurna dalam membahas problem kehidupan. Maka sudah seharusnya kita membacanya dan juga memahami agar tahu maksud dari setiap kandungan ayat demi ayat dalam Al-Qur’an.

Namun, sering kali kita diliputi rasa jenuh dan bosan. Agar bisa konsisten dalam membacanya kami membagikan tips-tipsnya. Padahal sbebnarnya, jika kita telah mempelajari lebih jauh tentang keutamaan-keutamaan dan membaca dan juga mempelajarinya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Baca lah Al-Qur’an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada pembacanya pada hari kiamat.”

Maka, sudah seharusnya kita sebagai orang Muslim meluangkan sedikit waktunya untuk membaca Al-Qur’an. Sesibuk apapun itu, baik di kantor di sekolah, maupun di rumah sempatkan untuk membacanya, walau hanya selembar halaman. Dan inilah tips-tips yang bisa sahabat lakukan.

Cintailah Al-Qur’an

Hal yang pertama adalah timbulkan dalam hati untuk selalu mencintai Al-Qur’an, sebab dengan cara ini kita akan selalu konsisten dan istiqomah dalam membacanya. Rasa cinta ini yang akan menimbulkan hasrat untuk selalu dekat dan membacanya.

Bosan Membaca Qur'an! Inilah Tips Dalam Mengatasinya
Bosan Membaca Qur’an! Inilah Tips Dalam Mengatasinya

Manfaat Dan Pahala Yang Akan Diraih Dari Membaca Al-Qur’an

“Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dari huruf itu, dan satu kebaikan itu akan dilipat gandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Berkomitmen Untuk Selalu Membacanya

Janji pada diri sendiri untuk selalu berusaha semaksimal mungkin untuk selalu membaca Al-Qur’an setiap harinya. Sebab Al-Qur’an adalah salah satu amalan yang akan menyelamatkan kita. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu membacanya.

Mencari Sahabat Yang Sama-Sama Cinta Al-Qur’an

Kak, sahabat adalah salah satu yang sangat berpengaruh di dalam kehidupan kita, maka carilah sahabat yang memiliki konsisten dalam menjaga Al-Qur’an. Ketika kita lupa akan ada orang yang akan mengingatkan kepada kita untuk selalu membaca Al-Qur’an.

Baca Juga : Anugerah Bagi Para Pembaca Al-Qur’an

Semoga tips-tips di atas dapat membantu kita untuk selalu membaca Al-Qur’an dan tidak merasa bosan dengan apa yang kita lakukan. Semoga Allah memberikan kemampuan untuk melakukan amalan tersebut. Aamiin. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

104 views
English EN Indonesian ID