News

Buah-buahan yang tinggi antioksidan

Antioksidan itu salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Fungsi dari antioksidan adalah sebagai penangkal radikal bebas, antioksidan akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi antioksidan juga sangat berperan dalam sistem imunitas tubuh. Maka inilah Buah-buahan yang tinggi antioksidan.

Radikal bebas adalah racun bagi tubuh. Radikal bebas selalu ada di lingkungan kita, seperti sinyal matahari, asap, pestisida. Radikal bebas ini meradiasi tubuh kita, sehingga jika kita kekurangan antioksidan, racun berupa radikal bebas tersebut akan masuk ke tubuh dan kita akan terjangkit penyakit.

Antioksidan mudah didapatkan. Setiap buah-buahan memiliki antioksidan, meskipun kadarnya ada yang tinggi dan rendah. Antioksidan juga bisa didapatkan dari mengkonsumsi obat kimia, ataupun ekstrak vitamin C, vitamin E, dan vitamin A.

Namun sangat disarankan untuk mengambil antioksidan dari buah-buahan. Sebab anti oksidan dalam buah-buahan merupakan antioksidan alami.

Agar kita bisa mendapatkan antioksidan dengan memakan buah-buahan secara optimal, kita mesti tahu buah-buahan apa saja yang tinggi kandungannya akan antioksidan.

Apa saja ya kak buah tinggi antioksidan? Yuk temukan jawabannya dibawah ini :⠀

Buah-buahan yang tinggi antioksidan

[1]. Kurma. Buah Kurma buah kaya antioksidan. Bahkan, menurut sebuah laporan dalam Nutrition Journal, buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini mengantongi antioksidan hingga 1,7 mmol per 100 gram.⠀

[2]. Delima. Buah lain yang kadar antioksidannya cukup mengesankan adalah buah delima. Masih dari studi dalam Nutrition Journal, buah delima bahkan mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan jeruk dan pepaya. Salah satu kandungan antioksidan dalam buah delima adalah punicalagins. Punicalagin adalah kelompok senyawa nabati yang terkandung dalam kulit dan airnya.⠀

[3]. Buah beri. Beri diyakini sebagai buah antioksidan tertinggi dibandingkan buah (dan sayuran) lain. Beri mengandung zat antioksidan antosianin yang dapat menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol jahat (LDL). Zat antioksidan dalam beri juga dilaporkan dapat memperlambat penurunan fungsi otak.⠀

Dalam sebuah uji coba, ditemukan bahwa ekstrak buah beri dapat mengurangi perkembangan sel kanker hingga 7%. Pada tingkatan kadar anthocyanin, buah bluberi memiliki kadar anthocyanin yang paling tinggi diantara buah beri lainnya.

[4]. Anggur. Rasanya tak ada orang yang bisa menahan manisnya buah anggur. Buah kecil ini sangat kaya dengan zat-zat antioksidan, termasuk juga antosianin dan proantosianidin. Antioksidan dalam buah anggur, yang disebut zat resveratrol, diyakini membantu menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan sistem imun.⠀

[5]. Pepaya. Di indonesia, buah dengan nama latin carica papaya ini sangat mudah di temukan, dan harganya pun relatif murah di bandingkan dengan buah-buah diatas. Pepaya ini memiliki antioksidan alami berupa nutrisi flavanoid. Pepaya juga kaya akan serat. Pepaya pun sama seperti buah-buahan berwana orange lainnya, yakni memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Yang Baik Untuk Diet

[6]. Mangga. Mangga merupakan buah yang memiliki berbagai jenis. Apapun jenisnya, mangga merupakan buah yang mengandung antioksidan dengan kadar yang tinggi. Selain memiliki kandungan flavanoid, mangga juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

[7]. Kiwi. Zat antioksidan seperti vitamin A dan vitamin E banyak terkandung dalam buah kiwi. Vitamin-vitamin tersebut dapat menangkal resiko kanker. Kandungan lainnya dalam buah kiwi pun dapat menjaga kestabilan tekanan darah juga melancarkan pencernaan.

Antioksidan merupakan anti radikal bebas. Yang artinya antioksidan merupakan anti kanker. Penyebab utama kanker adalah paparan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Mengkonsumsi antioksidan setiap hari dapat mengurangi secara signifikan, resiko terkena kanker.

Yuk kak, kita konsumsi buah-buahan yang tinggi antioksidan agar tubuh sehat. Semoga info ini bermanfaat

Share it on