Griya Yatim & Dhuafa

Bulan Syawal Waktu Yang Tepat untuk Silaturahmi

Bulan Syawal adalah waktu yang tepat untuk menyambung tali silaturahim kepada orang tua, sanak saudara, dan kaum kerabat. Silaturahim adalah ibadah didalam Islam, yang niatnya saja begitu bagus, terlebih jika rutin untuk mengerjakannya.

Keistimewaan bulan syawal wajib disyukuri oleh umat Islam dengan beribadah. Bulan syawal ini merupakan salah satu bulan terbaik setelah bulan Ramadan bagi umat Islam.

Pada bulan syawal, seorang muslim dianjurkan untuk semakin meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah SWT. Jadi amalan pada bulan Ramadan tidak hanya berakhir di bulan puasa saja, namun terus berkelanjutan dan ditingkatkan pada bulan syawal.

Silaturahmi yaitu salah satu ibadah yang tidak asing lagi di bulan syawal. Salah satu keistimewaan bulan syawal ini biasanya dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti mudik ke kampung halaman dan saling bermaafan dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman. 

Jadi tidak heran bila bulan syawal begitu istimewa dengan menjadi salah satu bulan dimana kebanyakan umat muslim bersilaturahmi. Bulan syawal merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT dengan silaturahmi dan bermaaf-maafan yang dilaksanakan oleh seluruh umat islam.

Maka dari itu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan keutamaan bagi orang yang menyambung tali silaturahim. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung tali rahimnya.” (HR. Bukhari).

Sahabat, ujian pandemi saat ini membuat aktifitas silaturahim kita berbeda, tetapi jangan sampai silaturahim terputus, bagi yang tidak bisa mengunjungi secara langsung bisa dengan memanfaatkan teknologi yang ada, dan bagi yang bisa mengunjungi langsung tetap dijaga protokol kesehatannya demi kebaikan bersama.⠀

Pada intinya jangan sampai terlewat moment bahagia ini untuk saling memaafkan dan menyambung tali silaturahim kita dengan keluarga. 

English EN Indonesian ID
Scroll to Top