Griya Yatim & Dhuafa

Cara Mendidik Anak Di Bulan Ramadhan 

Griya Yatim Dhuafa
Cara Mendidik Anak Di Bulan Ramdhan
                                         Cara Mendidik Anak Di Bulan Ramdhan

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, Pada bulan Ramadhan, mendidik dan menasihati anak dengan baik sangatlah penting dalam membimbing dan membina mereka. Anak-anak adalah sebuah titipan yang Allah amanahkan kepada orang tuanya. Ulama-ulama terdahulu mendidik anak-anak mereka di bulan Ramadhan dengan menjalankan puasa dan melatih mereka melakukan shalat terawih.

Baca Juga : Ramadhan Mengajarkan Untuk Menjaga Waktu 

Dalam mendidik anak kita sebagai orang tua jadilah teladan yang baik bagi mereka. Baik akhlak, perilaku, dan aturan kehidupan yang kita jalani. Anak-anak tentunya akan melihat perilaku ayah dalam memberikan contoh kepada mereka. Dengan begitu mereka tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan orang tuanya. Maka ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendidik anak-anak.

Pengaruh Dari Lingkungan Rumah 

Kak, sesuatu yang tampak, terdengar dan terlihat di dalam rumah akan memberikan dampak besar bagi masa depan anak. Mengajarkan iman, membaca Al-Qur’an, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya dapat membuat sang anak di jalan yang lurus. 

Namun sebaliknya, mempengaruhi anak dengan hal yang melenakan, menimbulkan fitnah,mainan serta perbuatan yang sia-sia akan membuat anak tumbuh menjadi sosok yang menyimpang dan dapat merusak masa depan mereka kelak.

Cara Mendidik Anak Di Bulan Ramdhan
     Cara Mendidik Anak Di Bulan Ramdhan

Mengajarkan Dengan Pedoman (Kitabullah) 

Mengikat anak dengan kitabullah, baik dengan mengajarkan untuk menghafal, mempelajari ilmu tajwid, mengajarkan cara membaca yang baik. Insya Allah kehidupan mereka dapat membawa keberkahan. Namun, apabila waktu mereka digunakan untuk yang sia-sia, mereka akan merasakan penyesalan yang ada.

Apalagi di momentum Ramadhan kali ini, mari kita ajak anak-anak untuk menghiasi rumah dengan memperbanyak lantunan ayat suci Al-Qur’an. Dengan sama-sama berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Al-Qur’an dan meraih keberkahannya di bulan Ramadhan.

Mendidik Dengan Akhlak Yang Mulia

Hendaknya orang tua berusaha membuat anak mencintai hal-hal yang mulia dan membenci hal-hal yang tidak terpuji. “Sesungguhnya Allah mencintai akhlak yang mulia dan membenci akhlak yang hina.” (HR. Ath-Thabrani).

Baca Juga : Bulan Suci Ramadhan Menata Iman

Sahabat, itulah tips dan cara untuk mendidik anak di bulan Ramadhan, jangan lupa untuk mengajarkan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan yang lainnya. Diantaranya amalan sedekah, yuk sedekah melalui link kebaikan di bawah ini :  

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
143 views