Griya Yatim & Dhuafa

Cara Menjaga Anak dari Dampak Negatif Internet

Sahabat, keberadaan internet yang semakin canggih menjadi sebuah tantangan yang sangat besar bagi orang tua. Meskipun internet memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu sebagai sarana informasi dan komunikasi. Namun internet juga bisa membawa dampak negatif bagi anak-anak dan remaja, seperti lalai waktu, malas dan juga  situs-situs porno yang mudah diakses, beragam risiko kejahatan digital, hingga aksi tantangan atau challenge daring yang berbahaya. Yuk kita simak bagaimana Cara Menjaga Anak dari Dampak Negatif Internet.

Berikut adalah sejumlah tips untuk melindungi anak-anak Anda dari dampak negatif internet :

Cara Menjaga Anak dari Dampak Negatif Internet

[1] Pelajari cara menggunakan internet secara komprehensif⁣

Dengan mempelajari cara menggunakan internet secara komprehensif, Kamu dapat mengajarkan anak bagaimana cara menggunakan internet dengan mungkin baik, sekaligus mengantisipasi dampak negatif dari internet itu sendiri.

[2] Jalin hubungan yang baik dengan anak⁣

Cara untuk melindungi anak dari efek negatif internet yaitu dengan selalu menjalin hubungan yang baik dengan anak. Pada akhirnya, perlindungan terpenting yang Kamu miliki bukanlah dengan gawai yang sudah dipasang parental control, tetapi hubungan dan komunikasi yang baik serta terbuka dengan anak. Maka berbicaralah mengenai cara pemakaian gadget dan manfaat kegunaannya kak.

[3] Batasi waktu penggunaan internet⁣

 Sebagai orang tua kita harus membuat aturan untuk membatasi waktu penggunaan internet supaya Kita dapat menghindarkan Si Kecil dari risiko kecanduan gawai dan internet. Apabila anak tersebut melanggar aturan yang kita buat, maka kita jangan ragu-ragu untuk memberikan teguran ataupun sanksi.

[4] Mengisi waktu Dengan Kegiatan Lain

Bila si anak terlalu lama dengan gadget dan internet, maka kita harus bersegeralah cari kegiatan yang menarik atau hal yang positif. Yang tujuan mengurangi intensitas dalam di dunia internet, semakin si anak sibuk dengan hal yang lain maka waktu untuk melihat internet dan memainkan gadget semakin minim.  

Baca Juga : Mengajarkan Anak Bersedekah Pada Usia Dini

Kak, Itulah sejumlah tips Cara Menjaga Anak dari Dampak Negatif Internet, yang dapat membantu Kamu sebagai orangtua untuk mencegah dampak negatif internet pada anak. Jangan menerapkan tips di atas secara otoriter atau memaksa, jelaskan dengan lembut dan perlahan-lahan mengenai aturan ini agar bisa diterima oleh Si Kecil.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top