Griya Yatim & Dhuafa

Cara Menjemput Rezeki

Griya Yatim Dhuafa
Cara Menjemput Rezeki
                                                       Cara Menjemput Rezeki

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, tak dapat dipungkiri bahwa semua orang selalu bekerja keras, karena ingin mendapatkan rezeki yang melimpah seperti uang, rumah, mobil dan lain-lain. Namun yakinlah bahwa rezeki itu sudah Allah tentukan kadarnya dan kapan datangnya. Walaupun kita berusaha sekuat tenaga mencarinya, setiap pagi dan malam bahkan sampai berjumpa pagi lagi. Jika itu bukan rezeki kita maka hasil yang kita dapatkan akan pas-pasan saja. Namun jika Allah tetapkan rezeki itu, walaupun kita tidak menginginkannya, maka rezeki itu akan datang sendiri kepada kita dengan waktu yang tidak kita sangka-sangka. Inilah artikel tentang cara menjemput rezeki, yuk kita simak artikelnya.

Baca Juga : Jangan Khawatir Soal Rezeki

Bagaimana Cara Mudah Menjemput Rezeki?

Dari penjelasan diatas, maka kita sebagai orang yang beriman dan bertaqwa sudah seharusnya selalu dan senantiasa berikhtiar, berdoa dan tidak berpangku tangan. Karena Allah telah memberikan kepada kita semua nikmat yang banyak berupa akal pikiran. Sehingga gunakanlah akal itu untuk mengenali diri, potensi, dan bakat. Sehingga dengan banyaknya ide-ide, dan inovasi yang menarik dan berakhir pada terbukanya jalan rezeki kita. Berikut ini cara untuk menjemput rezeki : 

Berusaha dan Bekerja Keras

Allah berfirman: “Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi ;carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.” (QS. Al-Jumuah : 10)

Allah berfirman: “Dan diajarkan pula pada lembaran lembaran kitab suci itu bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan usahanya yang baik atau yang buruk tidak akan dihilangkan.” (QS. An-Najm : 39) 

Bertaqwa

Allah berfirman : “……...Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan dia memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya………. (QS. at-Talaq :2-3)

Bersabar dan Syukur

Allah berfirman : “Dan (ingatlah) tatkala Rabbmu memaklumkan ; sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kau mengingkari (nikmatku) maka sesungguhnya azabku sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7)

Zakat, Infaq, Sedekah

Allah berfirman : “katakanlah, “sungguh, rabbku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang ia kehendaki diantara hamba-hambanya. Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS. Saba : 39)  

Cara Menjemput Rezeki
               Cara Menjemput Rezeki

Silaturahmi 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa berkeinginan  untuk dibentang kan rezeki baginya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhati & Muslim)

Berdoa dan Istigfar

Allah berfirman : “mohonlah ampun kepada rabbmu, sesungguhnya dialah yang maha pengampun niscaya dia akan mengirimkan hujan  kepadamu dengan lebat. Dan membanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh : 10-12)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ Ya Allah aku minta kepadamu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang  baik dan amalan yang diterima.” (HR. Ibnu Majah)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan, dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari yang tiada disangka-sangka.” (HR. Ahmad, Abu daud, An-nasai, Ibnu Majah, dan Al-hakim)

Berbuat Kebaikan 

Allah berfirman : “Barangsiapa yang datang (membawa) kebaikan, maka baginya (pahala) yang lebih baik dari pada kebaikannya itu; dan barangsiapa datang dengan (membawa) kejahatan, maka tidaklah diberi pembalasan kepada orang yang telah mengerjakan kejahatan itu, melainkan (seimbang) dengan apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS. Al-Qasas : 84)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Allah tidak akan zalim pada hambanya yang berbuat kebaikan . dia akan dibalas dengan diberi rezeki di dunia dan akan dibalas dengan pahala akhirat.” (HR. Ahmad)

Berdagang

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Berniagalah, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan.” (HR. Ahmad)

Baca Juga : Perlunya Ikhtiar Dalam Mencari Rezeki 

Bangun Pagi

Dari Fatimah (putri) rasulullah berkata : “bahwa saat Rasulullah melihatnya masih telentang di tempat tidurnya di pagi hari, beliau berkata kepadanya, “putriku, bangunlah dan saksikanlah kemurahan hati Allah, dan janganlah menjadi seperti kebanyakan orang. Allah membagikan rezeki setiap harinya pada waktu antara mulainya subuh sampai terbitnya matahari.” (HR. Al-Baihaqi).

Yuk, sahabat jangan  lupa sisihkan hartanya dijalan Allah dengan bersedekah di link kebaikan dibawah ini:

Donasi Sekarang Griya yatim
               Donasi Sekarang Griya yatim
29 views