Griya Yatim & Dhuafa

Carilah Sahabat Yang Membawamu Ke Surga

Griya Yatim Dhuafa
Carilah Sahabat Yang Membawamu Ke Surga
                          Carilah Sahabat Yang Membawamu Ke Surga

Donasiberkah – Mencari sahabat yang baik di zaman sekarang bukanlah perkara mudah mengingat kemajuan teknologi yang membuat manusia sibuk dengan dunianya sendiri. Kebanyakan orang tidak lagi memperhatikan dengan siapa ia berteman. Padahal, teman yang baik dapat memberikan syafa’at (pertolongan) pada hari Kiamat.

Beruntunglah orang-orang yang memiliki sahabat berhati mulia dan taat kepada Allah. Ia laksana bintang yang senantiasa menerangi. Ketika kita salah, dia hadir untuk mengingat kan. Dan pada saat kita ditimpa musibah ia datang untuk menghibur. Ketika kita kesulitan, dia datang mengulurkan tangan.

Baca Juga : Berteman Dengan Orang Jujur

Nasihat Para Ulama

Sebagaimana yang dikatakan Khalifah Umar bin Khatab, “Tidaklah seseorang diberikan kenikmatan setelah Islam, yang lebih baik daripada kenikmatan memiliki saudara (semuslim) yang saleh. Apabila engkau dapati salah seorang sahabat yang saleh maka pegang lah erat-erat.”

Sementara Imam Syafi’i berkata, “Jika engkau memiliki teman yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah, maka peganglah erat-erat dia, jangan engkau lepaskan. Sebab mencari teman baik itu susah, tetapi melepaskannya sangatlah mudah sekali.

Carilah Sahabat Yang Membawamu Ke Surga
Carilah Sahabat Yang Membawamu Ke Surga

Al-Hasan Al-Basri berkata, “Perbanyaklah sahabt-sahabat mukminmu. Karena mereka memiliki syafaat pada hari kamis.” Sedangkan seorang Ulama yang lain berpesan kepada sahabat-sahabatnya sambil mengeluarkan air mata. “Jika kalian tidak menemukan aku di surge bersama kalian, maka tolonglah bertanya kepada Allah mengenai diriku, ‘Wahai Rabb kami, hambamu fulan sewaktu di dunia selalu mengingtkan kami tentang engkau. Maka masukanlah dia bersama kami di surga-Mu.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ya Rabb, kami tidak melihat sahabat-sahabt kami yang sewaktu di dunia shalat bersama dengan kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami.” Maka Allah berfirman, “Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar zarah” (HR. Ibnul Mubarak, di dalam kitab A-Zuhud).

Baca Juga : Inilah Teman Yang Baik

Carilah Sahabat Yang Membawa Kepada Ketaatan

Maka sungguh beruntung orang yang memiliki sahabat yang baik, sahabat yang senantiasa menunjukkan ke jalan Allah Ta’ala, sahabat yang senantiasa mengingat kan kepada amar ma’ruf. Oleh karenanya, mencari sahabat janganlah untuk kepentingan dunia saja, akan tetapi demi keselamatan di akhirat kelak. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

28 views