Griya Yatim & Dhuafa

Dalam Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Dalam kehidupan ini, kita selalu dijumpai oleh ujian-ujian yang Allah berikan. Allah memberikan hambaNya ujian agar mereka mereka menjadi lebih takwa dan Allah akan memberikan ganjaran yang besar. Orang-orang yang bersabar adalah orang yang dicintai Allah dan Allah senantiasa bersama mereka. Orang-orang yang disertai oleh Allah akan selalu Dia berikan petunjuk dan pertolongan. Maka dari itu, dalam kesulitan pasti ada kemudahan bagi orang-orang yang sabar.

Allah selalu memberikan solusi dan kemudahan untuk setiap cobaan yang diberikannya. Allah berfirman : “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah : 5-6). Maka, jangan bersusah hati dan putus asa terhadap cobaan yang Allah berikan kepada kita. Jangan pernah kita berputus asa terhadap Rahmat Allah, Karena Alah berfirman : “… Jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (QS. Yusuf : 87).

Dalam Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Saat musibah menjumpai kita, maka janganlah menjauh tapi mendekatlah kepada Allah. Sungguh hanya Allah-lah sebaik-baik tempat meminta pertolongan. “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.” (QS. Al-Fatihah : 5). Karena ketika seorang hamba berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah, Allah akan mengabulkan doanya dan memberikan pertolonganNya.

Allah berfirman : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah : 186).

Dalam kesulitan pasti ada kemudahan, karena Allah adalah Rabb yang Maha Penyayang. Allah tidak akan membiarkan hambaNya dalam kesulitan melebihi dari batas kemampuannya. Allah berfirman : “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya…” (QS. Al-Baqarah : 286).

Maka dari itu sabar merupakan cara utama untuk menghadapi segala permasalahan dalam hidup. Orang yang sabar itu yakin bahwa Allah pasti akan memberikan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapinya. Sabar merupakan setengah dari iman. Orang yang tidak bisa bersabar akan cobaan yang Allah berikan, maka belum sempurna keimanannya.

Baca Juga : Bersabarlah dengan Kesabaran yang Baik

Manusia itu Allah ciptakan sebagai makhluk yang bersifat keluh kesah dan juga kikir. Allah berfirman : “Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir.” (QS. Al-Ma’arij : 19-21). Oleh karena itu, ketika kita ditimpa musibah maka yang kita lakukan adalah bersabar. Lalu kita harus sadari bahwa nikmat yang Allah berikan untuk kita lebih besar daripada cobaan yang kita terima. Maka, dengan itu kita menjadi hamba yang bersyukur dan tidak kufur.

Dalam ujian yang Allah berikan kepada kita juga merupakan tanda cinta Allah kepada kita. Karena ujian yang diberikan oleh Allah itu merupakan sarana penghapus dosa bagi kita. Rasulullah bersabda : “Tiada suatu musibah pun yang menimpa seorang Muslim, melainkan dengannya Allah hapuskan (dosa-dosa kecil) darinya sampai-sampai sebatang duri pun yang menusuknya.” (HR. Bukhari).

Dalam kesulitan pasti ada kemudahan bagi mereka yang Allah berikan petunjuk. Rasulullah bersabda : “Barang siapa diuji lalu sabar , diberi lalu bersyukur , dizhalimi lalu  memaafkan dan menzalimi lalu ishtighfar maka bagi mereka keselamatan dan mereka tergolong orang yang memperoleh petunjuk.” (HR Baihaqi).

Sahabat, semoga kita diberikan kekuatan untuk menghadapi segala macam cobaan, juga diberikan kesabaran oleh Allah. Dan semoga kita termasuk orang-orang yang Allah beri petunjuk. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top