Griya Yatim & Dhuafa

Do’a Anak Yang Salih

Sahabat Dermawan, kehadiran anak di tengah keluarga merupakan suatu anugerah yang harus kita syukuri. Di dalam islam, anak tidak hanya sebagai penerus nasab saja. Akan tetapi sebuah amanah yang di titpkan oleh Allah kepada kita kak. Oleh karenanya, sangatlah penting bagi orang tua untuk mendidik anak sehingga ia tumbuh sebagai anak yang shalih dan shalihah. Inilah Do’a Anak Yang Salih, yuk kita simak artikel berikut ini.

Karena sejatinya kita tak akan kekal hidup di dunia ini kak. Oleh sebab itu itu bagaimana caranya ketika orang tua itu meninggal dunia, anak itu selalu mendoakan kita, karena ketika kita meninggal semua amalan yang kita lakukan di dunia itu akan trputus kecuali tiga perkara.

Do’a Anak Yang Salih

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apabila seseorang mati, maka seluruh amalnya akan terputus kecuali tiga perkara : (1). Sedekah Jariyah. (2). Ilmu yang Bermanfaat. (3). Anak yang Shalih yang selalu mendo’akan” (HR. muslim). Mungkin amalan yang lain kita kurang tapi berusahalah jadikan anak yang selalu mendoakan kita dengan memohonkan ampunan untuk kita

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Wahai Rabbku! sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil” (QS. Al-Isra : 24)

Setelah orang tua meninggal ada banyak cara bagi si anak tetap berbakti kepada orang tuanya. Mereka masih bisa  memberikan kebaikan kepada orang tuanya yang telah meningal dunia, berupa aliran pahala. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kepada para sahabat . Dari Malik bin Rabi’ah As-Sardi radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam,tiba-tiba datang seseorang dari Bani Salamah.

Baca Juga : Doa Seorang Muslim Untuk Saudaranya

Orang ini bertanya, wahai Rasulullah, apakah masih ada cara untukku berbakti kepada orang tuaku yang sudah meninggal? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Ya, menshalatkan mereka memohonkan ampunan untuk mereka, memenuhi janji mereka setelah mereka meninggal, memuliakan rekan (karib kerabat) mereka, dan menyambung silaturahim yang terjalin karena sebab keberadaan mereka” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majjah). 

 Yuk kak, Inilah Do’a Anak Yang Salih, maka yuk jadikan anak kita menjadi anak yang shalih, agar nantinya ketika kita meninggal ada amalan yang akan terus mengalir dari do’a mereka..

English EN Indonesian ID
Scroll to Top