News

Doa Seorang Muslim Untuk Saudaranya

Jangan enggan untuk berdoa kepada Allah

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mukmin : 60). Maka berdoalah kepada Allah untuk segala hal, meskipun mungkin belum Allah kabulkan doa yang telah kita panjatkan.

Telah menjadi kodratnya seorang hamba untuk selalu berdoa kepada Rabbnya. Orang-orang yang enggan untuk berdoa, merupakan orang yang sombong. Seolah-olah dia tidak perlu bergantung kepada Allah. Padahal, segala hal yang dia peroleh adalah atas seizin Allah.

Doa seorang muslim untuk saudaranya

Doa Seorang Muslim Untuk Saudaranya

Rasulullah bersabda : Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata : “Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan” (HR. Muslim).

Dari hadits yang mulia ini kita bisa mengetahui bahwa ada dua golongan manusia yang mendapatkan doa dari para Malaikat, mereka itu adalah orang yang didoakan oleh saudaranya sesama muslim sedangkan dia tidak mengetahuinya, karena Malaikat yang ditugaskan kepada orang yang sedang mengucapkan : “Aamiin,” maknanya adalah : “Ya Allah, kabulkanlah doanya bagi saudaranya.” Sedangkan yang kedua adalah orang yang mendoakannya, karena Malaikat yang diutus kepadanya berkata : “Dan engkau pun mendapatkan apa yang didapatkan oleh saudaramu“.

Baca Juga : Ancaman Bagi Muslimin Yang Enggan Membayar Zakat

Allah telah memuji orang-orang mukmin yang telah mendahului mereka, hal ini sebagaimana termaktub di dalam firman-Nya : “Dan orang-orang yang datang setelah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa : ‘Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Hasyr : 10).

Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Alan ash-Shiddiqi mengomentari ayat ini dengan berkata : “Allah subhanahu wa ta’ala memuji mereka karena doa-doa mereka untuk saudara-saudara mereka kaum mukminin yang telah mendahului mereka, pujian tersebut ketika mereka sedang berdoa”.

Jangan enggan untuk berbuat baik kepada saudara

Doa dari saudara kita, tanpa sepengetahuan kita dapat menjadi berkah yang tidak ternilai. Oleh karena itu, jangan enggan untuk berbuat baik kepada saudara seiman kita, baik kenal maupun tidak kenal. Perbuatan baik yang kita lakukan dapat menjadi kebaikan, bagi diri kita sendiri dan bagi orang lain tentunya.

Semakin banyak orang yang kita bantu, InsyaAllah semakin banyak orang yang akan mendoakan kebaikan untuk kita. Kita tidak pernah tahu doa siapa yang akan Allah kabulkan. Terutama jika sahabat membantu anak-anak yatim di Griya Yatim & Dhuafa. Insya Allah doa dari anak-anak yatim itu lebih utama di sisi Allah.

Yuk Sahabat, jangan enggan untuk berbuat baik kepada saudara kita sesama muslim lantaran kita tidak mengenalnya. Berbuat baik tidak hanya dengan bentuk materi. Berbuat baik juga bisa dengan berdoa untuk kebaikan saudara-saudara kita. Namun, kebaikan yang terbaik adalah dengan membantu  saudara kita secara materi, dan juga diiringi dengan doa yang tulus.

Bersama Griya Yatim & Dhuafa, Ayo terus berbuat baik dengan bersedekah pada link di bawah ini :

https://donasiberkah.id/program/sedekah-untuk-yatim-dan-dhuafa

https://kitabisa.com/campaign/panganyatimdandhuafa/

Sahabat, semoga Allah menjadikan kita semua ke dalam golongan mereka dengan karunia dan keutamaan dari-Nya.

Share it on