News

Efek Kesehatan Bangun Di Pagi Hari

Sahabat dermawan, meskipun kita tidak perlu untuk beraktifitas di luar rumah pada masa pandemic ini, tapi jangan sampai kita malas untuk bangun di pagi hari. Selama bulan Ramadhan ini, semua kaum muslimin dilatih untuk bangun di pagi hari, dilatih bangun untuk santap sahur dan dilanjut shalat Shubuh. Rutinitas ini, bertujuan agar selepas Ramadhan nanti, semua kaum muslimin bisa terbiasa bangun diawal waktu pagi. Bangun di awal pagi juga merupakan salah satu pola hidup Rasulullah yang menyehatkan.

Selain menyegarkan, bangun di pagi hari telah terbukti memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi tubuh maupun mental kita. Inilah beberapa efek bangun pagi hari bagi tubuh dan mental :

Efek Kesehatan Bangun Di Pagi Hari

Baca Juga : Vitamin E Untuk Bantu Cegah Infeksi Virus dan Bakteri

  1.       Bangun di pagi hari dapat meningkatkan mood

Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang bangun pagi akan lebih bahagia, karena memiliki mood yang baik. Memang, jika belum terbiasa, bangun di pagi hari itu terasa sedikit menyebalkan. Namun, jika sudah terbiasa, bangun di pagi hari akan sangat terasa menyegarkan. Bulan Ramadhan ini melatih kita untuk terbiasa bangun di pagi hari. Jangan sampai kebiasaan ini hilang selepas kita meninggalkan bulan Ramadhan ini.

  1. Mempengaruhi aktivitas selama seharian penuh

Menciptakan mood yang baik pada bagi hari akan sangat berpengaruh pada kinerja kita dalam aktivitas seharian penuh. Dengan mood yang di hasilkan dari bangun pagi, kita dapat menjalani aktivitas kita dengan semangat.

  1.       Tubuh menjadi sehat

Udara di waktu pagi masih sejuk dan segar, udara seperti itu tepat untuk kesehatan paru-paru, karena udara di waktu pagi belum tercemar dengan udara kotor seperti ketika siang hari. Udara pada waktu subuh lebih kaya oksigen. Hal ini bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh dan memperlancar aliran darah.

  1.       Membentuk karakter seseorang

Bangun di pagi hari sangat berkaitan dengan pembentukan karakter seseorang. Seseorang yang bangun di pagi hari memiliki karakter yang optimis, proaktif, dan memiliki kesadaran yang optimal. Karena saat mood yang terbangun itu baik, kondisi otak dalam keadaan yang rileks dan tidak ada gangguan.

  1.       Dapat mencerdaskan pikiran

Di pagi hari, otak kita dalam keadaan yang paling optimal untuk mengingat. Ketika waktu pagi kita gunakan untuk belajar, maka otak kita dapat menyerap pelajaran dengan lebih baik. Oleh karena itu, bangun di waktu subuh dapat kita gunakan untuk belajar ataupun menghafal Al-Qur’an.

  1.       Dapat menikmati matahari pagi

Dengan bangun lebih pagi, kita dapat menyempatkan diri untuk berolahraga di pagi hari dan menikmati matahari pagi. Matahari pagi banyak mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

  1.     Bangun pagi membuka pintu rezeki

Allah memberikan rezeki pada makhluknya di waktu fajar. Dalam suatu riwayat mengatakan, ketika Rasulullah kembali dari solat subuh di masjid nabawi, beliau mendapati putrinya, fatimah, masih tertidur. Beliau membangunkannya dan berkata pada putrinya, ”Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya, antara terbit fajar dengan terbit matahari.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Sahabat dermawan, demikian beberapa efek dari bangun di pagi hari. Efek-efek tersebut biasa kita dapati ketika di bulan Ramadhan, karena kita harus bangun pagi untuk sahur. Namun, Ramadhan sebentar lagi akan meninggalkan kita. Sahabat, yuk tetap konsisten untuk bangun pagi agar tubuh kita sehat dan semangat kita tetap terjaga sepanjang hari.

Share it on