News

Efek Kesehatan Tidur Dengan Lampu Menyala

Tidur itu merupakan kebutuhan utama

Perlu diketahui bahwa tidur merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Seperti makan dan minum, manusia juga tidak dapat terlepas dari kebutuhan untuk tidur. Oleh karena itu, melewatkan waktu tidur akan menimbulkan berbagai permasalahan bagi tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Yuk kita simak artikel tentang Efek Kesehatan Tidur Dengan Lampu Menyala.

Tidak tercukupinya waktu tidur dapat mempengaruhi metabolisme dan juga pertumbuhan tubuh. Sebab, saat tidur pun tubuh tetap melakukan fungsinya, termasuk memproduksi hormon-hormon. Hormon-hormon yang diproduksi oleh tubuh inilah yang dapat membuat fungsi tubuh kita tetap berjalan normal. Dari sekian banyak hormon yang dihasilkan tubuh, salah satunya adalah hormon pertumubuhan. Kurangnya produksi hormon pertumbuhan inilah yang dapat menghambat pertumbuhan.

Sahabat, pola tidur bagaimana yang kamu terapkan saat tidur? apakah dalam keadaan terang atau keadaan kamar gelap? Jika Sahabat, termasuk orang yang tidur dengan keadaan lampu menyala dengan terang. Sahabat perlu tahu hal-hal berikut.

Efek kesehatan tidur dengan lampu menyala

Efek Kesehatan Tidur Dengan Lampu Menyala

Tidur dengan lampu menyala dapat mempengaruhi tubuh yang sedang tidur. Meskipun tertidur, mata yang ada dibalik kelopak mata masih dapat mendeteksi cahaya yang ada. Sehingga tubuh tidak benar-benar teristirahatkan. Cahaya lampu dalam ruangan saat tidur juga bisa menyebabkan otak tidak bisa memproduksi melatonin. Melatonin berperan dalam distem regulasi tubuh.

Berikut beberapa dampak negatif tidur dengan lampu menyala :

  1.       Terganggunya metabolisme

Sistem metabolisme tubuh kita dapat terganggu jika kita tidur dalam keadaan lampu menyala. Terganggunya metabolisme tubuh dapat berpengaruh dalam kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi makanan. Sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan mudah sakit.

  1.       Bisa menyebabkan insomnia

Tidur dalam keadaan lampu menyala akan membuat diri kita lebih sulit untuk tertidur nyenyak. Jika kondisi ini terus berlangsung maka, akan memicu insomnia.

  1.       Memicu depresi

Kondisi ketika tertidur sangat mempengaruhi sistem otak. Oleh karena itu, tidur dengan lampu menyala berkaitan langsung dengan depresi. Ini juga disebabkan oleh cahaya biru dari alat elektronik yang ditangkap oleh mata, meskipun sedang tertidur. Hal ini berakibat pada psikologis seseorang.

Lebih baik tidur dengan lampu mati

Lalu apakah mematikan lampu saat tidur lebih baik ketimbang tidak melakukannya ? Jawaban secara medis tentu lebih baik dan lebih berkualitas tidur dalam kondisi lampu dimatikan. Faktor ini dapat mengatur jam tidur yang nyaman dan damai ketimbang saat lampu menyala.

Cahaya bisa menjadi acuan jam biologis tubuh kamu, mengapa demikian ? Saat kamu tidur dalam kondisi lampu menyala, otak kamu mungkin tidak akan memproduksi hormon melatonin karena ia bingung apakah saat ini menunjukkan waktu malam atau siang.

Baca Juga : Efek Olahraga di Malam Hari Terhadap Kesehatan

Terlalu banyak paparan cahaya sesaat sebelum kamu tidur juga dapat mencegah kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jadi, sebaiknya matikan lampu kamu sebelum tidur untuk memberikan sinyal pada tubuh kamu bahwa ini adalah waktunya tidur.

Selain untuk menghindari efek negatif dari tidur dengan lampu menyala, tidur dengan lampu mati juga dapat membuat tubuh lebih teristirahatkan secara maksimal. Dengan kualitas tidur yang baik, maka akan lebih mudah untuk bangun di pagi hari, dan terasa lebih segar.

Jadi, Efek Kesehatan Tidur Dengan Lampu Menyala, maka yang perlu sahabat lakukan sebelum tidur sebaiknya adalah matikan lampu dalam kamar. Selain itu, alat-alat elektronik yang ada dalam kamar, seperti televisi, komputer dan laptop sebaiknya juga dimatikan demi terprogramnya tubuh yang rileks dan pastinya bebas radiasi aliran listrik dari benda-benda elektronik.

Share it on