News

Efek Olahraga di Malam Hari Terhadap Kesehatan

Olahraga adalah aktifitas untuk melatih tubuh baik jasmani maupun rohani. Namun, Kesibukan padat seringnya bikin kita tidak punya waktu berolahraga di pagi atau siang hari, sehingga banyak yang memilih untuk olahraga di malam hari. Selain itu, kebanyakan orang memilih berolahraga pada malam hari karena udaranya tidak panas. Inilah Efek Olahraga di Malam Hari Terhadap Kesehatan.

Efek olahraga di malam hari bagi tubuh

Bagi kamu yang masih sering melakukan olahraga di malam hari, maka patut waspada. Olahraga memang sehat, tapi efeknya bisa berbalik merugikan jika dilakukan larut malam. Inilah beberapa efek olahraga di malam hari terhadap kesehatan.

Efek Olahraga di Malam Hari Terhadap Kesehatan

1.       Dapat mengurangi daya tahan tubuh

Olahraga di malam hari bisa mengganggu jam biologis tubuh. Ketika larut malam, jam biologis tubuh akan mengingatkan kita untuk waktunya beristirahat. Jika Sahabat memaksakan diri untuk berolahraga di malam hari, perubahan kebiasaan ini dapat mengganggu waktu biologis untuk mengatur bagaimana tubuh berfungsi. Akibatnya, imunitas tubuh menjadi menurun. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi mudah sakit dan tubuh menjadi cepat lelah. 

Olahraga malam hari bisa membuat daya tahan tubuh berkurang, karena tubuh akan kehilangan begitu banyak energi tanpa ada jeda yang cukup untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Apalagi jika intensitas olahraga Anda tergolong berat atau yang membutuhkan tenaga yang banyak, seperti angkat beban atau berenang. Daya tahan tubuh yang lemah membuat Anda rentan terhadap beberapa penyakit, seperti flu atau demam.

  1.       Sesak nafas akibat kekurangan oksigen

Kebanyakan orang mengira bahwa udara malam itu lebih kaya oksigen karena lebih terasa dingin. Padahal udara pada malam hari memiliki kadar oksigen yang lebih sedikit dibandingkan pagi atau sore hari. Saat kita berolahraga di lingkungan yang minim kadar oksigen, akan menyebabkan tubuh jadi mudah lelah dan kecapekan. Ini disebabkan kegiatan berolahraga membutuhkan banyak oksigen agar pernapasan dan aliran darah ke jantung menjadi lancar. Kekurangan oksigen saat berolahraga ini bisa memicu sesak napas setelahnya. Nah, bagi Sahabat yang mengidap asma, jangan coba untuk berolahraga di malam hari ya.

3.       Sulit untuk beraktifitas di esok harinya

Karena berolahraga di malam hari, kita jadi sulit untuk tidur. Hal ini akan berefek pada hari esok. Susah bangun pagi, selalu mengantuk, dan tidak optimalnya kinerja otak. Oleh karena itu kita akan sulit untuk beraktifitas di esok harinya.

Usahakan olahraga di waktu selain malam

Menjadi pertanyaan, apakah berolahraga pada malam hari kurang dianjurkan? Sebenarnya, olahraga itu tetap membawa manfaat pada tubuh kita, meskipun di malam hari, dan berolahraga di malam hari tidak benar-benar dilarang. Jika memang kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi atau sore hari, maka berolahraga di malam hari itu lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali.

Baca Juga : Bersepeda, Olahraga Santai yang Menyehatkan

Tapi perlu diingat untuk tidak terlalu memporsir tubuh kita ketika berolahraga di malam hari. Berolahragalah dengan santai dan tidak terlalu keras. Dan jangan sampai terlalu malam. Bila dimungkinkan berolahraga di dalam ruangan (indoor) pada malam hari itu lebih baik, sebab dapat menghindari angin malam. Tapi yang terbaik adalah usahakan olahraga di waktu selain malam.

Sahabat, Inilah Efek Olahraga di Malam Hari Terhadap Kesehatan, jadi sebaiknya hindari olahraga di malam hari, mengingat akan banyak efek negatif yang akan diterima tubuh jika tetap melakukannya. Lebih baik menahan diri untuk tidak berolahraga malam daripada harus jatuh sakit atau mengalami efek negatif lainnya.

Share it on