Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Efek Sedekah Bagi Psikologi Seseorang 

Griya Yatim Dhuafa
Efek Sedekah Bagi Psikologi Seseorang
                                       Efek Sedekah Bagi Psikologi Seseorang

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, ketika kita bersedekah atau memberikan sesuatu kepada seseorang. Secara psikologis kita telah mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan kesenangan, yaitu hubungan sosial dan kepercayaan. Di bagian otak tersebut, akan tercipta “efek hangat”. Sehingga sedekah dapat mempengaruhi psikologi seseorang. Maka inilah artikel tentang efek sedekah bagi psikologi seseorang. 

Baca Juga : Sedekah Dulu Bahagia Kemudian

Mengapa Sedekah Mempengaruhi Psikologi ? 

Para ilmuwan juga percaya bahwa “perilaku memberi dapat memicu terlepasnya endorfin di otak yang efeknya akan menimbulkan perasaan positif.”

Tristen Inagaki dari University of Pittsburgh dan Naomi Eisenberger dari University of California dalam studi mereka yang berjudul “The Neurobiology of Giving Versus Receiving Support: The Role of Stress-Related and Social Reward-Related Neural activity.” Menjelaskan tentang FMRI (Fungsional Magnetic Resonance Imaging) untuk memonitor kinerja saraf saat seseorang memberi dan menerima. Ternyata, otak lebih memancarkan citra positif saat memberi.

Efek Sedekah Bagi Psikologi Seseorang
    Efek Sedekah Bagi Psikologi Seseorang

Dengan ini kegiatan berbagi atau memberi akan menyebar layaknya efek domino. Berdasarkan penelitian, kebaikan kecil terkadang membawa efek besar dan menyebar sepeti virus. Dan orang yang menerima kebaikan atau bahkan hanya melihat aksi kebaikan, akan terinspirasi untuk melakukan hal yang baik juga. Meskipun ukurannya tidak sama, tapi yang pasti akan mendorongnya untuk melakukan kebaikan juga.

Baca Juga : Sedekah Apakah Yang Utama 

Dan kabar baiknya, dalam Islam seorang yang mencontohkan kebaikan lalu diikuti oleh seorang, maka tanpa disadari hal ini menjadi ladang pahala.

Dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, berkata bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no.1893)

Baca Juga : Jangan Merasa Malu Untuk Bersedekah Walaupun Sedikit

Yuk, Perbaiki Hidup Dengan Sedekah

Sahabat dermawan, mari kita aktifkan otak kita untuk membiasakan berbagi. Agar kebiasaan terbentuk dan menjadi habit yang baik bagi kita. Salah satunya berbagi kebahagiaan bersama para anak yatim & dhuafa. Yuk berdonasi melalui link gambar dibawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
108 views
English EN Indonesian ID