Griya Yatim & Dhuafa

Enam Amalan Untuk Menghilangkan Kesedihan

Sedih merupakan sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Sedih sebagai fitrah manusia ketika menghadapi suatu situasi, seperti kegagalan, kehilangan, kekecewaan dan lain sebagainya. Ketika sedih, manusia akan menangis, dan ada juga orang yang menyembunyikan kesedihannya. Inilah Enam Amalan Untuk Menghilangkan Kesedihan yang perlu kamu ketahui ya kak.

Sahabat, menangis dan bersedih itu dibolehkan dalam islam. Semua orang pernah bersedih termasuk para Nabi dan Rasul. Namun, kesedihan Nabi dan Rasul tidak melampaui batas, sehingga tidak melemahkan iman. Itulah sedih yang tidak dibolehkan dalam islam.

Bahkan dalam Al-Qur’an disebutkan, “…Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” (QS. At-Taubah : 40).Oleh karena itu, penting bagi seorang muslim memahami kesedihan agar tidak berkepanjangan. 

Inilah Enam Amalan Untuk Menghilangkan Kesedihan yang perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu :

1. Pelihara dan Perkuat Iman. 

Allah berfirman : “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (QS. Ali Imran : 139). Iman akan menjauhkan kebodohan dan kesedihan dari seorang muslim taat.

Ketika kita bersedih, maka perbanyaklah ibadah. Perbanyak shalat dan  mendekatkan diri kepada Allah. Setelah shalat, kita berdoa kepada Allah agar ditunjukkan jalan keluar dari permasalahan yang kita hadapi.

2. Istiqamah.

Ketika kita dilanda musibah, dan kesedihan. Maka kita mesti senantiasa beramal shalih dan istiqamah. Istiqomah artinya percaya bahwa Allah tidak akan menghendaki keburukan pada makhlukNya. Kita mesti percaya bahwa setiap yang Allah kehendaki bagi kita merupakan kebaikan. Dan ketika Allah berikan kesulitan sebagai ujian bagi kita, Allah pun memberikan kemudahan didalamnya. Allah berfirman : “sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyiroh : 6).

3. Dekat dengan Al-Qur’an

Dalam islam, Al-Qur’an adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kesedihan. Al-Qur’an merupakan jawaban dari setiap permasalahan. Ketika kita ditimpa oleh masalah hidup yang berat, hingga hal tersebut terasa sangat sulit untuk bisa kita atasi. Maka cobalah untuk mencari jawaban atas permasalahan kita didalam Al-Qur’an.

Seorang muslim yang dekat dengan Al-Qur’an, InsyaaAllah akan jauh dari kesedihan yang tidak berarti. Sebab, membaca Al-Qur’an pun memperkuat keimanan kita. Hingga hati kita tidak lemah ketika Allah berikan kita ujian. Lalu, kesedihan kita pun akan terobati dengan mendekat kepada Al-Qur’an.

4. Iittiba’ (mengikuti) Rasulullah

Sudah semestinya umat Islam harus ittiba’ kepada Rasulullah dalam segala situasi dan kondisi, karena dengan berittiba’ maka kita akan diberi rahmat dan ampunan dariNya. Allah berfirman : “Katakanlah (wahai Muhammad kepada umatmu): Jika kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa kalian.” (QS. Ali Imran : 31).

Baca  Juga : 5 Amalan Yang Setara Dengan Pahala Haji

Untuk menghadapi berbagai permasalahan, cukuplah jadikan Rasulullah sebagai teladan. Dalam Al-Qur’an pun telah disebutkan bahwa Rasulullah adalah suri tauladan bagi manusia. Allah berfirman : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab : 21).

5. Berprasangka baik kepada Allah

Segala yang Allah tetapkan itu baik untuk diri kita. Ketika ditimpa musibah, kita mesti berprasangka baik kepada Allah. Sebagaimana hadits Rasulullah, “Sesungguhnya Allah berkata : Aku sesuai prasangka hambaku padaku. Jika prasangka itu baik, maka kebaikan baginya. Dan apabila prasangka itu buruk, maka keburukan baginya.” (HR. Muslim).

6. Sabar

Sabar adalah solusi seorang muslim ketika menghadapi kesulitan hidup. Ketika kita bersabar, maka Allah akan memberikan pertolongannya. Rasulullah pun bersabda, Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim).

Itulah Enam Amalan Untuk Menghilangkan Kesedihan. Semoga dengan melakukan amalan ini jika sedih bisa segera hilang ya kak, Dengan mengamalkan enam amalan tersebut, InsyaAllah, Allah akan mudahkan dan memberi petunjuk kepada kita.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top