Griya Yatim & Dhuafa

Faktor Yang Mempengaruhi Buruknya Akhlak

Faktor Yang Mempengaruhi Buruknya Akhlak
                               Faktor Yang Mempengaruhi Buruknya Akhlak

Donasiberkah.org – Seseorang yang memiliki akhlak atau budi pekerti yang baik. Akan dikelilingi banyak teman, sahabat, tetangga, dan masyarakat disekitarnya. Sedangkan orang yang memiliki akhlak yang buruk, maka akan dibenci oleh banyak orang.

Pada saat ini khususnya generasi muda banyak yang mengalami kemunduran akhlak. Karena disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Maka pada saat ini agama islam lah yang harus menjadi solusi bagi setiap permasalahan yang ada. Maka dari itu yuk simak terus artikel ini sampai tuntas.

Baca Juga : Mari Bahagiakan Orang Lain Dengan Sedekahmu 

Apa sajakah Yang Mempengaruhi Buruknya Akhlak?

Persoalan tentang akhlak harus menjadi sifat utama dalam setiap individu, karena hal ini dapat mendorong segala macam perbuatan manusia. Dan hal ini akan membuat terganggunya peradaban manusia oleh keburukan moral manusia itu sendiri. Sehingga harapannya untuk mencapai kebahagian dalam hidupnya tidak akan tercapai.

Dari masalah yang terjadi akibat keburukan moral atau akhlak, maka ada tiga hal yang dapat mempengaruhi keburukan akhlak seseorang, diantaranya :

Pergaulan Bebas Yang Buruk

Salah seorang sahabat nabi yang bernama ‘Alqamah sangat berhati-hati terhadap pergaulannya. Dengan mengatakan, “temanmu yang akhlaknya buruk jangan dijadikan sahabatmu. Sahabat yang baik adalah dapat menasehati bila engkau melakukan perbuatan buruk. Bahkan dikatakan bahwa jika ada musuh yang bisa mendekatkanmu kepada Allah. Maka hal itu lebih baik dari pada teman akrab yang menjauhkanmu dari Allah.”

Pergaulan yang buruk dengan teman sebaya, sangatlah berbahaya terhadap perkembangan akhlaknya. Karena Rasul selalu mengingatkan begitu pentingnya memilih teman pergaulan. 

Baca Juga : Menjadi Sehat Dengan Mencontoh Nabi

Rasulullah Shalaulahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Agama yang dianut oleh seseorang dapat dilihat dari agama (yang dianut) oleh teman pergaulannya. (sifat buruk seseorang dapat dicontoh oleh temen sepermainannya).” (HR. Abu Daud).

Akibat Dari Buku Bacaan, Tontonan dan Pengaruh Pemikiran Hedonisme

Kemerosotan akhlak akibat dari buku bacaan, tontonan, dan pemikian hedonisme, sangat gampang merasuk ke dalam pergaulan generasi muda. Pergaulan nya dengan teman-temannya lebih tinggi frekuensi nya di bandingkan dengan pergaulan dengan orang tuanya di rumah. Masalah ini tentu menjadi pekerjaan yang berat bagi orang tua. Dari pergaulan nya di luar rumah ia mendapatkan buku bacaan, tontonan negatif dan pemikiran hedonisme yang dapat mempengaruhi pemikiran,  sikap, dan perilakunya.

Faktor Yang Mempengaruhi Buruknya Akhlak
     Faktor Yang Mempengaruhi Buruknya                                     Akhlak

Lemahnya Tingkat Pendidikan Generasi Muda

Rendahnya pendidikan pada generasi muda, dapat menyebabkan rendahnya iman dan ibadah pada dirinya. Kemudian hal ini dapat menyebabkan kecenderungan nafsunya tidak dapat dikendalikan lagi. Ia tidak lagi memiliki rasa malu dan rasa sabar, kecuali hanya mampu menuruti keinginannya. Ditambah dengan pergaulan yang bebas dan buku bacaan dan tontonan yang buruk maka inilah yang menjadi landasan terjadinya keburukan akhlak.

Dari ketiga hal yang telah disebutkan diatas. Maka perbuatan itulah yang akan menimbulkan sifat-sifat yang buruk dan tentunya akan merusak peradaban manusia. Yaitu sifat Al-Akhlaku Madhmumah atau perbuatan buruk terhadap, sesama manusia dan makhluk makhluk yang lain. Maka hal itu akan membuat suatu kehancuran akhlak dalam bermasyarakat, Dan persaudaraan. Bahkan itu akan membuat suatu kebiasaan dalam sebuah bangsa.

Baca Juga : Hal Yang Menghambat Untuk Berbuat Baik

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya perumpamaan teman baik dengan teman yang buruk (akhlaknya). Bagaikan orang yang sedang membawa minyak wangi dengan orang yang sedang meniup api dapur. Kepada orang yang membawa minyak wangi; apakah ia mendekati mu, ”atau engkau (yang mendekatinya) karena engkau akan membelinya. Atau engkau akan mendapatkan bau harumnya. Lalu kepada orang sedang meniup api dapur, apakah api itu akan menghanguskan pakaianmu. Atau engkau sendiri yang akan merasakan panasnya api tersebut”. (HR. Bukhari).

Yuk, Hindari Akhlak Yang Tercela

Akhlak buruk perorangan hanya berdampak negatif lebih kepada dirinya sendiri. Namun lain cerita jika itu menjadi akhlak buruk suatu bangsa maka dampak negatifnya akan sangat luas. Dan suatu bangsa yang bermoral buruk, akan merusak agamanya.

Karena sering terjadi pelanggaran agama yang dilakukan oleh masyarakatnya. Sehingga agama hanya menjadi mainan umatnya, Pada sejatinya agama harus difungsikan sebagai alat pengendali dan pengontrol bagi perbuatan manusia.

Akhlak buruk juga mempengaruhi keamanan masyarakat seperti terjadinya pencurian, pembunuhan dan lain sebagainya. Kehidupan masyarakat  seharusnya mewujudkan sikap saling menolong dan saling memanfaatkan kemampuan masing-masing anggota masyarakat. Dan semua itu tidak dapat terwujud, lantaran terganggu oleh keburukan akhlak bangsa.

Baca Juga : Mengerikannya Dampak Dosa Dan Maksiat

Agama Islam datang untuk membina dan mendidik manusia sebagai khalifah Allah di bumi ini. Menanamkan perilaku baik, dilaksanakan di rumah tangga dan di masyarakat. keburukan akhlak seseorang karena hatinya kosong dari pendidikan dan ilmu pengetahuan, disebut sebagai orang yang memiliki hati yang sakit atau mati.

Oleh karena itu pendidikan iman, ibadah dan pemberian ilmu pengetahuan agama harus senantiasa ditekankan dari semenjak usia dini agar menjadi kebiasaan dan menjadi sebuah akhlak yang baik. 

Mari benahi akhlak kita dengan selalu membiasakan diri untuk berbuat kebaikan. Salah satunya dengan berdonasi melalui link gambar di bawah ini!

Donasi Sekarang Griya yatim
            Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top