News

Fastabiqul Khairat Menjadi Jalan Hidupku

Kak,Fastabiqul Khairat adalah suatu konsep yang memotivasi umat Islam untuk segera melakukan suatu kebajikan yang mendorong kepada kebaikan serta mendapat ridha Allah, sebagaimana Allah berfirman : Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). (QS. Al-Baqarah : 148) Yuk Jadikan Fastabiqul Khairat Menjadi Jalan Hidupku.

Maka berusahalah untuk melakukannya dengan kualitas terbaik (ahsanu ‘amala) dan terus menerus. Dalam fastabiqul khairat, berarti semua harus direncanakan, disiapkan dan di-azamkan serta diiringi dengan doa agar Allah Ta’ala memberikan kemudahan.

Apa yang harus kita segerakan dalam fastabiqul khairat?

Fastabiqul Khairat Menjadi Jalan Hidupku

Rasulullah bersabda: “Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah sebelum kalian mati,bersegeralah beramal shalih sebelum kalian sibuk,dan sambuglah kallian dengan Rabb kalian dengan memperbanyak dzikir kepadanya-Nya,banyak sedekah dengan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Niscaya kalian akan di beri rizki,di tolong dan di cukupi.Ketahuilah sesungguhnya Allah telah mewajibkan kepada kalian shalat jum’at…”

1. Bersegera dalam bertaubat sebelum ajal mendatang

Kak, kehidupan yang kita lalui itu tidak akan selamanya melainkan sebentar, oleh sebab itu di dunia ini, kita tidak selalu benar melainkan banyak sekali kesalahan yang kita lakukan baik kepada manusia maupun kepada Allah. Nabi Muhammad saja yang sudah di jamin masuk surga setiap harinya selalu bertaubat kepada Allah, sebagaimana Nabi bersabda : “Demi Allah, sesungguhnya Aku beristighfar (memohon ampun) kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya lebih dari tujuh puluh kali dalam sehari.” (HR.Al-Bukhari).

Dan Allah juga berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya)…”. (QS. At-Tahrim : 8). Dan di dalam surah Ali Imran Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran: 133).

2.Bersegeralah beramal shalih sebelum sibuk

Kak, di dalam melakukan amalan kebaikan jangan pernah ditunda. Kenapa tidak boleh ditunda? karena waktu tidak pernah terulang, oleh karena itu kita harus bersegera dalam melakukan kebaikan selagi Allah masih memberi kesempatan. Sebagaiman Nabi bersabda:Bersegeralah melakukan amalan shalih sebelum datang fitnah (musibah).”

3. Memperbanyak dzikir kepada Allah

Dengan kakak banyak mengingat Allah, Allah pun akan ingat kepada kakak sebagaiman Allah berfirman: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah : 152).

Dan di dalam Surah Al-Baqarah : 186: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Oleh karena itu kak, kita harus selalu ingat kepada Allah agar ketika kakak meminta sesuatu langsung Allah ijabah.

4. Allah mewajibkan shalat jum’at

Allah telah memerintahkan kita untuk melaksanakan shalat jum’at. Sebagaimana Allah berfirman : Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumu’ah : 9).

Baca Juga : Manfaatkan Waktu Untuk Kebaikan

Oleh karena itu, kita mesti menyegerakan untuk shalat jum’at dan meninggalkan segala aktifitas yang sedang kita lakukan.

5. besedekah baik sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan

Bersedekah itu tidak akan pernah mengurangi hartamu, melainkan akan melipatgandakannya. Rasulullah bersabda : “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” Bersedekah pun harus disegerakan, jangan menunda-nunda untuk bersedekah dengan alasan apapun. Sebab, kita tidak tahu kapan musibah akan menimpa diri kita. Dengan menyegerakan bersedekah pun kita bisa menghindari musibah. Rasulullah bersabda : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Baihaqi).

Oleh karena itu kak,  Yuk jadikan Fastabiqul Khairat Menjadi Jalan Hidupku selagi kita memiliki kelapangan untuk bersedekah, sudah semestinya kita tidak menunda-nundanya. Yuk ka bersedekah dengan cara klik tombol dibawah ini.

Share it on