Griya Yatim & Dhuafa

Hanya Allah Yang Dapat Memberikan Perlindungan

Kak, manusia adalah makhluk yang lemah. Tidak ada satupun manusia yang dapat menyebabkan suatu kemudharatan dan tidak ada satupun manusia yang bisa memberikan manfaat tanpa seizin Allah. Dan juga tidak ada manusia yang dapat memberikan perlindungan, hanya Allah yang dapat memberikan perlindungan. Meskipun terkadang melalui perantara manusia atas seizinNya.

Maka sangat tidak pantas bagi seorang makhluk untuk meminta perlindungan selain kepada Sang Kholik. Allah berfirman : “Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.” (QS. Al-Ankabut : 41).

Meminta Pertolongan Kepada Allah

Hanya Allah Yang Dapat Memberikan Perlindungan

Kita diwajibkan untuk meminta pertolongan kepada Allah di tiap harinya. Setidaknya dalam shalat kita berdoa dengan membaca surah Al-Fatihah ayat 5, “Hanya kepadaMu lah kami menyembah, dan hanya kepadaMu lah kami meminta pertolongan.”. Barangsiapa yang telah meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah, namun juga meminta pertolongan dan perlindungan kepada selain Allah. Maka Allah akan meninggalkannya, dan tidak ada yang dapat melindunginya dari azab yang pedih.

Rasulullah bersabda : “Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,’Aku tidaklah butuh adanya tandingan-tandingan. Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal dalam keadaan menyekutukan Aku dengan selain Aku, maka Aku akan meninggalkan dia dan perbuatan syiriknya itu.’” (HR. Muslim no. 7666).

Seorang mukmin mesti selalu meminta perlindungan kepada Allah. Terutama meminta perlindungan Allah dari godaan setan. Sebab godaan setan dapat mempengaruhi hati hingga mendorong kita pada perbuatan-perbuatan yang mungkar. Allah berfirman : “Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu. Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-Baqarah : 168-169).

Berlindung Dari Bisikan Setan

Allah telah memerintahkan kita untuk berlindung kepadaNya dari bisikan setan. Allah berfirman : (1) “Katakanlah, Aku memohon perlindungan kepada Tuhan manusia! (2) Raja manusia! (3) Tuhan manusia! (4) Dari kejahatan bisikan yang tersembunyi, (5)  Yang membisikkan ke dalam dada (hati) manusia, (6) (baik ia) dari golongan jin dan manusia. (QS. An-Nas : 1-6).

Allah pun memerintahkan kita untuk meminta pertolongan kepada Allah ketika membaca Al-Qur’an. Allah berfirman : “Apabila kamu membaca Al-Qur’an, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl  : 98).

Rasulullah mengajarkan kita suatu doa untuk berlindung kepada Allah dari makhlukNya. Rasulullah bersabda : “Barangsiapa singgah di suatu tempat, lalu berdoa A’udzu bi kalimatillahit tammaati min syarri maa kholaq (Aku berlindung dari kalam Allah Yang Maha Sempurna dari kejahatan segala makhluk yang Dia ciptakan), maka tidak ada sesuatu apapun yang kan membahayakan dirinya sampai dia beranjak dari tempat itu.” (HR. Muslim).

Kak, Hanya Allah yang dapat memberikan perlindungan. Barangsiapa yang meminta perlindungan kepadaNya, maka akan diperkenankan untuknya. Allah berfirman : “Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Ghafir : 60). Selain mendapat perlindunganNya pun kita akan mendapatkan rahmatNya. Yang mana kita tidak akan terselamatkan tanpa adanya rahmat Allah.

Baca Juga : Yakinlah dengan kekuatan doa

Dalam sebuah hadits shahih pun disebutkan, Rasulullah bersabda : “Tidak seorang pun diantara kalian yang akan diselamatkan oleh amal perbuatannya”. Mereka bertanya : “Engkau pun tidak, wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab : “Aku juga tidak, hanya saja Allah melimpahkan rahmatNya kepadaku.” (HR. Bukhari No. 6463 dan Muslim No. 2816).

Semoga Allah selalu berikan perlindungan kepada kita, dari segala bahaya yang datang dari makhluk-makhlukNya. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top