Griya Yatim & Dhuafa

Harta Adalah Racun, sedangkan Zakat Adalah Penawarnya

Donasiberkah.id – Kak, harta adalah sesuatu yang sangat disukai oleh kebanyakan manusia. Namun ketahuilah bahwa juga bisa menjadi racun yang bisa membuat seseorang menjadi sombong. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : Dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan.” (QS. Al-Fajr : 20). Inilah artikel tentang harta adalah racun, sedangkan zakat adalah penawarnya, yuk kita simak.

Dari ayat diatas, Allah Ta’ala memberikan pelajaran kepada manusia bahwa sifat yang selalu dimiliki oleh kebanyakan orang untuk mencari dunia dan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Banyak orang bermusuhan, bahkan sampai saling memusuhi, hanya karena harta.

Nah, jika di dalam diri seseorang terdapat kesombongan dalam hatinya, meskipun hanya sekecil biji sawi, maka Allah melarangnya untuk masuk ke surga. Rasulullah bersabda : “Tidak akan masuk surga orang yang di hatinya ada kesombongan meskipun seberat biji sawi.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Yuk Tunaikan Zakat, Siapa Takut?

Kak, banyak juga penyakit-penyakit lain yang timbul akibat racun harta. Maka dari itu, untuk menghindarkan kita dari penyakit-penyakit tersebut, kita harus mengkonsumsi penawarnya. Penawar untuk racun harta adalah zakat.

Harta Adalah Racun Zakat Adalah Penawarnya
                      Harta Adalah Racun Zakat Adalah Penawarnya

Zakat Sebagai Penawar Racun

Nah Kak, setiap penyakit pastinya ada penawarnya, penyakit dari harta Penawarnya adalah zakat, Orang yang terbiasa membayar zakat, maka hartanya tidak akan  menjadi racun di dalam kehidupannya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersih kan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103).

Harta Yang Kita Miliki Ada Hak Mereka

Nah Kak, ternyata zakat juga mengajarkan kepedulian kita terhadap sesama, karena dengan kita menunaikan zakat akan meringankan beban hidup saudara-saudara kita. Sebab setiap harta yang Allah berikan kepada kita pastinya ada hak orang lain. Yang wajib untuk kita berikan, salah satunya dengan berzakat. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, keluarkan lah/nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu.” (QS. Al-Baqarah: 267). Dan pada surat Adz-Dzariyat Allah berfirman : “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian.” (QS. Adz-Dzariyat :  19).  

Baca Juga : Bayar Zakat Semudah Tersenyum

 Yuk Tunaikan Zakat

Yuk Kak, tunaikan zakat, sebab orang yang selalu menunaikan zakat, hartanya akan di hindarkan dari hal yang haram-haram. Dengan begitu harta yang mereka miliki terhindar dari racun yang akan merusak pada kehidupan mereka .Yuk kak, tunaikan zakat di Laznas Griya Yatim & Dhuafa  melalui link zakat berikut : https://donasiberkah.id/program-group/donasi#programberjalan

English EN Indonesian ID
Scroll to Top