Griya Yatim & Dhuafa

Harta Adalah Ujian Bagimu

Griya Yatim Dhuafa
Harta Adalah Ujian Bagimu
                                                  Harta Adalah Ujian Bagimu

Donasiberkah – Kak, tidak ada satupun insan didunia ini yang tak luput diberikan ujian oleh Allah. Dengan harta, dengan orang yang dicinta, dengan dirinya sendiri, dan banyak lainnya. Tentunya, ujian ini dapat menjadi sebuah tantangan yang menguatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah, serta menambah dan menumbuhkan kesabaran dalam diri.

Ujian Yang Begitu Dahsyat

Salah satu ujian yang akan menimpa umat akhir zaman adalah harta Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya masing-masing umat itu memiliki fitnah dan fitnah umatku adalah harta” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga : Sedekah Memasukkan Pelakunya Ke Surga

“Hai orang-orang yang beriman janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi,” (QS. Al-Munafiqun : 60).

Maka ujian yang akan datang kepada umat akhir zaman ini, ujian yang dimana semua orang sangat mencintainy,  tak terkecuali siapa pun dia. Sebab Allah telah menghadirkan rasa senang pada diri manusia terhadap harta tersebut. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia kecintaan terhadap apa yang di inginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak, sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik” (QS. Ali-Imran : 14).

Harta Adalah Ujian Bagimu
                 Harta Adalah Ujian Bagimu

Oleh karena itu, hendaknya kita harus berhati-hati dan senantiasa takut terhadap ujian harta yang Allah berikan ini. Sebab betapa banyak orang yang berilmu telah terjerumus kepada hal yang dilarang oleh Allah, karena ujian tersebut. Maka hendaknya kita memohon pertolongan kepada Allah Ta’ala.

Melewati Ujian Dengan Sedekah

Maka dalam momen menjawab ujian yang ada, kita semestinya mengembalikan dan mendekatkan diri sepenuhnya kepada Allah. Salah satu bentuk pendekatannya dapat dilakukan dengan menggunakan harta kita di jalan Allah, salah satunya bersedekah. Sebab sedekah adalah salah satu yang akan mencegah datangnya bala bencana (ujian) yang akan menimpa kepada kita.

Baca Juga : Sedekah Menghapus Kesalahan

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana (ujian), dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo)” (HR. Baihaqi & Thabrani).

Baca Juga : Sedekah Menghapus Kesalahan

Yuk Tunaikan Sedekah

Yuk Kak, oleh karenanya kita gunakan harta yang Allah titipkan dengan bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Semoga dengan kita menunaikan sedekah Allah melindungi kita terhadap fitnah tersebut. Aamiin.

137 views