Griya Yatim & Dhuafa

Harta, Tahta, Sedekah 

Donasiberkah.id – Kak, harta dan tahta adalah kepemilikan mutlak yang berada di tangan Allah dan pengelolaannya berada di tangan manusia. Harta dan tahta tidak menjamin seseorang untuk menjadi bahagia. Karena sesungguhnya harta ini adalah ujian yang Allah berikan kepada kita. Ketika harta yang kita belanjakan untuk bersedekah akan menjadi naungan kelak di hari kiamat. Iilah artikel tentang mengenai harta, tahta, dan sedekah. Yuk, kita simak.

Manfaat Dari Sedekah Yang Kita Keluarkan

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya. (HR. Ahmad). Intinya, sedekah adalah amalan yang bisa dikatakan praktis, mudah, akan tetapi sangat dahsyat manfaatnya yakni sebagai penyelamat seseorang di akhirat kelak.

Baca Juga : Bahagiakan Dirimu Dengan Sedekah

Kak, bersedekah tidaklah begitu sulit dan juga tidak menguras keringat. Sedekah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Akan tetapi, sayangnya selama di dunia banyak yang enggan untuk bersedekah. Mereka terlalu cinta dengan harta yang mereka miliki, padahal mereka mengetahui bahwa harta yang mereka miliki tidak akan dibawa mati. Ketika kematian menjemputnya, harta akan berpindah tangan. Mereka akan merasakan penyesalan di akhir.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan belanjakan lah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, sekiranya Engkau berkenan menunda tidak (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh”(QS. Al-Munafiqun : 10).

Harta, Tahta, Sedekah
                                                      Harta, Tahta, Sedekah

Kak, mengapa orang yang telah meninggal ia meminta kepada Allah untuk hidup kembali, dan mereka akan melaksana kan sedekah. Padahal, banyak amalan shalih yang lainnya yang sangat besar pahalanya? Ketahui lah bahwa orang yang telah meninggal, ia akan melihat dosanya. Dan sedekah merupakan salah satu amalan yang dapat menghapus dosa.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sedekah memadamkan dosa sebagaimana air yang memadamkan api” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

Baca Juga : Sedekah Pangan Untuk Lansia Dhuafa

Kak, ketika orang yang di hadapi dengan hebatnya sakaratul maut. Ternyata sedekah dapat melapangkan dadanya. Sehingga ketika malaikat Maut menyebutnya dengan mudah dan Insya Allah khusnul khatimah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya, sedekah memadamkan murka Allah dan mencegah kematian yang buruk” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Hibban).

Yuk Tunaikan

Laznas Griya Yatim & Dhuafa menerima amanah dalam penyaluran ZISWAF yang dititipkan. Dan akan kami salurkan melalui program-program kepada mereka yang membutuhkan. Yuk Kak, mari kita kita perbanyak bersedekah, sebab dengan bersedekah ia akan datang pada hari kiamat menjadi naungan. Semoga kita termasuk orang yang mendapatkan naungan. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top