Griya Yatim & Dhuafa

Harus Lebih Baik Di Momen Tahun Baru Islam

Sahabat Dermawan, di momen tahun baru islam ini hendaknya kita melakukan sebuah renungan, mengenai amalan-amalan yang kita lakukan di tahun kemarin. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah disiapkannya untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr : 18).

Jadi Kak, setiap kita harus banyak-banyak inrospeksi terus apa yang telah diperbuatnya untuk masa yang akan datang. “hari esok”  dalam ayat tersebut kita dapat mengambil pelajaran, bahwa hari esok yang dekat adalah dunia, dan hari esok yang jauh adalah akhirat. Artinya kaum muslimin harus menyiapkan diri agar sukses masa depannya baik di dunia maupun di akhirat di akhirat nantinya.

Harus Lebih Baik Di Momen Tahun Baru Islam

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dia adalah orang yang beruntung, siapa yang hari ini keadaannya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi, siapa yang keadaan hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka dia celaka.” (Al-Hadist).

Dalam hadist tersebut kita dapat mengambil sebuah pelajaran yang sangat berharga, jika kita tahun yang akan datang tidak ada perubahan dengan tahun kemarin maka kita adalah orang yang merugi. Misalnya jika ada orang muslim yang amalan di tahun kemarin dan yang akan datang lebih buruk maka ia adalah orang yang terlaknat.   

Harus Lebih Baik dengan Usaha Sendiri

Karena sejatinya seseorang akan menjadi lebih baik dengan usaha dan jerih payahnya sendiri. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “ Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Ra’d : 1).

Pada sejatinya manusia  mempunyai kekuatan yang dibekali oleh Allah kepadanya, sehingga apakah kita mau merubah keadaan kita apa hanya diam saja. Sama halnya ketika kita masih kecil kak, jika kita tidak mau berubah (tidak mau bergerak) maka sejatinya kita tidak akan pernah bisa  berjalan.

Baca Juga : Allah Pasti Ganti Dengan Yang Lebih Baik

Jika kehidupan kita hanya monoton saja tanpa adanya perubahan, maka yang terjadi kita akan ketinggalan zaman. Dan keadaan kita tidak akan pernah maju kedepannya, oleh karena itu kita jangan pernah hanya untuk berpangku tangan, karena kehidupan adalah sebuah pelajaran yang harus kita  ambil untuk merubah keadaan.

Allah sangat mencintai orang mukmin yang selalu berusaha untuk berubah menjadi lebih baik semata-mata karena memang ia menyukai kebaikan itu sehingga terus-menerus meningkatkannya tanpa pernah merasa lelah.

Yuk Kak, mulailah merubah kepada kebaikan  untuk bekal kita nantinya. Jangan sampai tahun ini sama dengan tahun yang kemarin,  karena sesungguhnya orang yang lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang sangat beruntung.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top