Griya Yatim & Dhuafa

Hikmah Kedua Mengeluarkan Zakat: Mendapat Kesembuhan dari Berzakat

Griya Yatim Dhuafa

Donasiberkah.org – Hikmah kedua dari keutamaan berzakat adalah, bentuk mengeluarkan harta semisal zakat, infaq atau pun sedekah adalah menyembuhkan Penyakit.

Islam memang memberi anjuran bagi pemeluknya untuk mempelajari ilmu kedokteran, hingga saat ini dunia kedokteran berhutang budi kepada kejayaan Islam di masa lalu. Namun semaju apa pun ilmu kedokteran di zaman sekarang ini, ternyata masih saja sering kali harus ‘bertekuk lutut’ dengan semakin beragamnya jenis penyakit.

Baca Juga: Macam-macam Waktu untuk Membayar Zakat

Terkadang dalam keadaan putus asa karena tidak sembuh-sembuh juga, dokter pun sudah angkat tangan, banyak orang yang kurang iman malah datang ke dukun, orang pintar, para normal dan profesi sejenis. Seolah-olah kesembuhan itu terletak di tangan mereka. Padahal semuanya, baik dokter maupun dukun itu pasti pernah sakit juga, mereka punya keterbatasan, bahkan mereka pun pada akhirnya akan mati juga.

Ini Mengapa Islam Melarang Perdukunan Aliran Hitam Maupun Putih

Agama Islam mengajarkan bahwa selain ikhtiar yang halal, kesembuhan itu didapat dengan doa. Tentu bukan doa biasa, tetapi doa khusus yang diiringi dengan pemberian tertentu dari segi harta. Dan pemberian itu tidak lain adalah sedekah, baik wajib seperti zakat maupun sunnah semisal sedekah.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Sembuhkan orang sakit di antar kalian dengan bersedekah” (HR. At-Thabarani).

 

Ternyata Rasulullah SAW sendiri yang mengatakan bahwa banyak memberi sedekah kepada orang yang membutuhkan itu bisa menyembuhkan penyakit. Dan cara ini merupakan bentuk tawassul yang dibenarkan dalam syariah Islam, yaitu bertawassul dengan amal shalih. Dan sudah tidak terhitung lagi kisah orang-orang yang mendapatkan kesembuhan ‘ajaib’, lantaran mengeluarkan zakat atau sedekah.

Baca Juga: Hukum Menunda Zakat

Zakat maupun sedekah bisa dikatakan sebagai wasilah atau sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, tentunya segala penyakit yang menimpa seseorang akan mendapatkan kesembuhan dengan seizin Allah Subhanahu wa ta’ala , dan mendermakan harta dengan cara zakat dan sedekah bisa menjadi jalan kesembuhan dengan seizin Allah

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan carilah wasilah (jalan) untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya, agar kamu beruntung.”

(QS. Al-Ma’idah 5: Ayat 35)

Begini Cara Menghitung Zakat Penghasilan, Jangan Salah Ya!

Dan yang terpenting adalah dengan berzakat, infak dan sedekah, kita bisa menghilangkan penyakit bernama ‘kikir’, yang merupakan penyakit hati yang bisa menyebabkan pengidapnya jika tidak disembuhkan akan mendapatkan siksaan di akhirat. Sebagaimana FirmanNya:

“Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya, mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada hari Kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 180).

Baca Juga: Hikmah Pertama Mengeluarkan Zakat Allah Akan Menjaga Harta Kita

Itulah hikmah kedua tatkala kita mengikhtiarkan untuk menempuh jalan kesembuhan, maka jalan itu bisa ditempuh melalui zakat, infaq maupun sedekah.Karena tidak ada suatu penyakit yang disembuhkan, melainkan dengan seizinNya.

Yuk Sahabat, tunaikan zakat sebagai jalan kesembuhan dengan mengklik link di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

290 views
English EN Indonesian ID