Griya Yatim & Dhuafa

Hilangkan Rasa Takut Pada Diri Anak

Hilangkan Rasa Takut Pada Diri Anak
                                 Hilangkan Rasa Takut Pada Diri Anak

Donasiberkah – Bagaimana rasa takut muncul pada diri seseorang? Fenomena rasa takut merupakan gangguan secara psikologis yang menghinggapi anak kecil dan orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi, fenomena ini dianjurkan sesuai dengan batasan-batasan tabiatnya. Sebab rasa takut adalah salah satu sarana yang bisa menjaga seseorang dari berbagai macam peristiwa dan menghindarkan dari berbagai macam bahaya. Yuk hilangkan rasa takut pada diri anak dengan menyimak artikel berikut.

Bahayanya Takut Yang Berlebihan

Namun, jika rasa takut yang timbul dari dalam jiwa secara berlebihan, bahkan sampai melampaui batas kewajaran, maka dapat menyebabkan gangguan psikologis pada seseorang. Sebab hal ini adalah sebuah masalah bagi kejiwaan seseorang yang harus dicari penanganannya.

Baca Juga : Jangan Keliru Dalam Mendidik Anak

Seorang ahli kejiwaan anak mengatakan, “Sesungguhnya seorang anak pada tahun-tahun awal terkadang telah muncul dan ada tanda-tanda rasa takut, pada saat terjadi sesuatu secara tiba-tiba. Pada usia sekitar enam bulan, anak akan takut kepada orang yang belum mereka kenal. Pada umumnya, ketakutan yang muncul seiring bertambahnya imajinasi anak.

Apa sih yang menyebabkan rasa takut itu hadir pada seseorang? Diantara faktor-faktor yang menyebabkan semakin bertambahnya rasa takut pada anak adalah sebagai berikut :

  • Kebiasaan orang tua yang senantiasa menakut-nakuti dengan sesuatu makhluk yang tak kasat mata, kegelapan, dan lain-lain.
  • Kebiasaan orang tua yang selalu memanjakan anak secara berlebihan.
  • Sering menceritakan kisah-kisah yang membuat si anak takut, seperti tentang setan dan jin.

Bagaimana solusi yang terbaik bagi si anak, untuk menghilangkan rasa takut yang mereka miliki?

Hilangkan Rasa Takut Pada Diri Anak
       Hilangkan Rasa Takut Pada Diri Anak

Menumbuhkan Keimanan

Hal yang pertama yang harus di lakukan sebagai orang tua dalam mendidik kepada anak, yakni menumbuhkan keimanan kepada Allah dalam diri anak. Alangkah baiknya semenjak awal perkembangannya, seperti beribadah kepadaNya dan berserah diri kepadaNya di setiap waktu dan keadaan.

Baca Juga : Inilah Cara Mudah Mengajarkan Kedisiplinan Anak

Tidak Menakut-Nakuti

Dalam hal ini, orang tua jangan pernah menakut-nakuti anak, terlebih pada saat si anak menangis karena takut hantu, setan, jin atau sesuatu yang menakutkan. Agar rasa takut yang dialami pada anak dapat berkurang secara bertahap hingga berubah pada pemberani.

Memberikan Kebebasan Kepada Anak

Sebagai orang tua hendaknya memberikan kepercayaan pada si anak, membiasakan mereka untuk memikul tanggung jawab dan membiasakannya melakukan perkara-perkara sesuai dengan usia pertumbuhannya.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Dengan Keteladanan

Itulah pembahasan mengenai rasa takut yang ada pada diri anak dan juga solusi dalam menghilangkan rasa takut itu sendiri. Semoga Allah memberikan kemampuan dalam pribadi kita untuk menjalankan ilmu tersebut. Aamiin.

(Refrensi Buku ; DR. Abdullah Nashih ‘Ulwan – Pendidikan Anak Dalam Islam)

English EN Indonesian ID
Scroll to Top