News

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Perut Kosong

Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Perut Kosong

Kak, saat perut lapar sering kita membayangkan makanan atau minuman yang bisa memuaskan rasa lapar saat itu juga. Terkadang kita hanya memikirkan bagaimana caranya rasa lapar ini cepat selesai tanpa harus memikirkan apakah makanan atau minuman yang masuk ke dalam perut sehat atau tidak, berbahaya atau tidak. Saat perut kosong, tidak semua makanan dan minuman aman untuk dikonsumsi. Kita perlu hindari makanan dan minuman ini saat perut kosong.

Dr. Rupali Datta, seorang ahli gizi klinik dari Fortis Hospital di India menyarankan beberapa makanan yang harus dihindari saat perut kosong atau saat bangun tidur. Ini bertujuan agar sistem pencernaan kembali berfungsi secara optimal setelah diistirahatkan selama berjam-jam.

Maka kita jangan terdorong untuk menyantap makanan atau minuman berikut saat perut kosong yang bisa mengakibatkan pencernaan mengalami berbagai masalah.

Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Perut Kosong

Yuk kita lihat penjelasannya di bawah ini :

[1]. Makanan pedas. Makanan yang harus kita hindari saat perut kosong adalah makanan yang pedas, karena makanan pedas dapat mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan kram perut. Makanan pedas pun dapat menimbulkan masalah pencernaan

[2]. Minuman manis. Tidak disarankan untuk meminum minuman manis saat perut kosong, contoh jus buah, karena jus buah akan memforsir kerja pankreas yang masih beradaptasi dari kondisi saat tidur atau saat perut kosong. Terlebih kandungan gula pada makanan dan minuman manis juga akan membebani kerja hati.

[3]. Minuman air dingin. Kita tidak disarankan untuk minum-minuman dingin ketika perut kosong. Karena meminum minuman dingin saat perut kosong dapat merusak selaput lendir dan membuat kerja sistem pencernaan melambat.

Minuman yang mesti kita hindari saat perut kosong

Secara umum, itulah makanan dan minuman yang mesti kita hindari ketika perut sedang kosong. Secara spesifik, minuman dan makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi ketika perut kosong antara lain.

Kopi

Jangan mengkonsumsi kopi ketika perut dalam keadaan kosong. Karena dapat membuat asam lambung meningkat. Selain itu pun mengkonsumsi kopi saat perut kosong dapat meningkatkan hormon stress kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang mengendalikan tingkat stress. Jadi ketika hormon kortisol diproduksi terlalu banyak, maka akan meningkatkan tingkat stress. Itulah yang dialami ketika mengkonsumsi kopi ketika perut kosong.

Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman yang mengandung bakteri baik. Namun seringkali yoghurt yang kita temui merupakan yoghurt buatan dengan gula tambahan. Artinya, tidak semua yoghurt mengandung cukup protein. Jika yoghurt dikonsumsi ketika perut sedang kosong, maka bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt pun akan terbunuh atau hilang oleh asam hidroklorik.

Baca Juga :Minuman yang Membuat Pagi Lebih Berenergi

Minuman bersoda

Ketika setelah olahraga, atau ketika bangun tidur, dimana perut kita dalam keadaan kosong, dilarang untuk meminum minuman bersoda. Minuman bersoda adalah minuman yang banyak mengandung karbonasi yang sangat tinggi, sehingga akan membuat perut menjadi dingin. Selain itu, kandungan pada soda dapat merusak selaput lendir perut, sehingga akan menyebabkan permasalahan pada sistem pencernaan, terutama lambung.

Jus Tomat

Menurut The Hearty Soul, kamu tidak boleh memakan tomat saat perut sedang kosong. Terutama bagi kamu yang sedang sakit sariawan. Tomat mengandung asam tanat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar asam di lambung, memperburuk refluks yang ada di lambung, dan bisa membuat tubuhmu merasa tidak enak.

Kak, jangan sampai lupa untuk hindari makanan dan minuman ini saat perut kosong. Ketika perut dalam keadaan kosong, sebaiknya kita minum air putih. Karena lebih mudah dicerna dan efektif untuk menghilangkan dahaga.

Share it on