Griya Yatim & Dhuafa

Ibadah-ibadah Anjuran Nabi ﷺ Di Hari Jum’at

Donasiberkah.id Hari Jumat merupakan hari yang mulia dan spesial bagi Umat Islam. Hari Jumat dikenal juga sebagai sayyidul ayyam (rajanya hari-hari) berkat keistimewaannya. Salah satunya adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa-doa. Umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan sejumlah amalan hari Jumat.

Berikut ini sejumlah amalan hari Jumat yang dianjurkan oleh nabi Muhammad ﷺ Selain berpahala, amalan-amalan tersebut juga bisa mendatangkan kebaikan bagi yang mengerjakannya.

1. Membersihkan diri

green leaf with waterdrop and ripples - water drop stone stock pictures, royalty-free photos & images

Pada hari Jumat umat Islam dianjurkan mandi untuk membersihkan diri terutama bagi laki-laki yang akan menunaikan salat Jumat. Disunnahkan pulau merapikan rambut dan memakai parfum. Hal tersebut sesuai dengan hadis riwayat Bukhari, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”. (HR. Bukhari).

2. Memperbanyak salawat dan zikir

Pin on Inspirational quotes

Hari Jumat merupakan hari yang baik untuk menenangkan diri dengan berdzikir dan bersalawat. Amalan ini bisa mendekatkan kita kepada Allah dan menyelamatkan kita pada hari kiamat.

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi).

3. Membaca Surah Al-Kahfi

Wow! Keistimewaan Al-Qur'an yang perlu kita ketahui - Jagad Media -  Inspiring Creativity

Membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat bisa melindungi diri dari fitnah Dajjal. Dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu:

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah; dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.”

4. Memperbanyak doa

high angle view of man praying in mosque - pray muslim stock pictures, royalty-free photos & images

Seorang hamba yang memanjatkan doa pada hari Jumat niscaya akan dikabulkan setiap harapannya. Hal tersebut berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhari dari Abu Hurairah RA yang artinya.

“Dari Abi Hurairah ra bahawasanya Rasulullah ﷺ menyebut hari Jumat kemudian berkata perihal Jumat, ‘Pada hari itu terdapat waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya dalam keadaan beribadah seraya ia meminta kepada Allah sesuatu hajat, kecuali Allah mengabulkan permintaannya.’ Rasulullah ﷺ memberi isyarat dengan tangannya bahwa waktu tersebut sangat sebentar,” (HR al-Bukhari).

5. Shalat Jumat

high angle view of men praying in mosque - pray muslim stock pictures, royalty-free photos & images

Salat Jumat wajib hukumnya bagi kaum laki-laki. Apabila telah meninggalkan salat Jumat sebanyak tiga kali maka tergolong orang yang fasik. Disunahkan menyegerakan pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Jumat.

Dalam sebuah hadis disebutkan “Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil dan orang sakit”. (HR. Abu Daud).

6. Bersedekah

Fadilah Sedekah

Sebagai poin tambahan perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah.

Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Demikian ibadah-ibadah yang dianjuran Nabi ﷺ di hari Jum’at, semoga kita senantiasa semangat dalam menjalankan rentetan ibadah yang bisa menjadikan Jumat kita sebagai kanvas ibadah.

Maukah sahabat jadi bagian dari pensejahtera anak-anak yatim dan dhuafa? Yuk tunaikan zakat, infaq-sedekah maupun wakaf di link kebaikan di bawah ini:

English EN Indonesian ID
Scroll to Top