News

Ilmu Dan Harta Menjaga atau Dijaga?

Sahabat dermawan, ilmu merupakan suatu bekalan hidup yang sangat berharga yang dapat menyelamatkan generasi dari kebodohan. Ilmu adalah Nur (cahaya) yang  dengan ilmu itu dapat mengantarkan seseorang kepada surgaNya  Allah Ta’ala. “Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu itu akan menjagamu, sedangkan harta engkaulah yang akan menjaganya.” (Ali bin Abi Thalib).  Ilmu Dan Harta Menjaga atau Dijaga? Lalu, bagaimana ya yuk kita simak agar kamu mengetahuinya.

Ilmu sangatlah utama daripada harta

sebab ilmu adalah warisan para Nabi. Sebagaimana Nabi bersabda : “Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, sesungguhnya mereka hanyalah mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang telah mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR. Abu Dawud & At-Tirmidzi). Begitulah warisan para Nabi yang seharusnya kita amalkan kak. Bukanlah warisan yang ditinggalkan berupa harta duniawi yang banyak sekali diperebutkan banyak orang.

Maka, sesungguhnya ilmu itu sangat penting jika dibandingkan dengar harta. Karena di setiap aktivitas yang kita lakukan harus ada ilmunya dan semua itu akan di minta pertanggung jawabanya, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabannnya.” (QS. Al-Isra : 36).

Oleh karena itu agar setiap amalan yang kita lakukan bernilai ibadah harus dilandasi dengan ilmunya, dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Mencari ilmu adalah wajib bagi setiap muslim, dan orang yang mengarang suatu ilmu namun ia bukan ahlinya, seperti babi yang merkalung mutiara, berlian, dan emas.” (HR. Ibnu Majjah).  

Ilmu Dan Harta Menjaga atau Dijaga?

Ilmu dapat menjaga kamu, sedangkan harta itu kamu yang menjaganya. Ilmu itu akan membawa keberkahan, serta orang yang berilmu pun akan didoakan oleh penghuni langit dan bumi juga memiliki keutamaan yang luar biasa di banding ahli ibadah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu alahi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya orang yang berilmu dimintakan ampunan oleh penghuni langit dan bumi, dan ikan hiu ditengah air, dan sesungguhnya keutaman orang yang berilmu atas orang yang ahli beribadah seperti (keutaman) bulan purnama atas bintang-bintang. Dan sesungguhnya ulama adalah pewaris para Nabi, dan para Nabi tidak mewariskan dinar, dan dirham, tetapi mewariskan ilmu. Dan barang siapa yang mengambil ilmu maka ia telah mengambil bagian yang melimpah.” (HR. Abu Dawud).

Ilmu lebih utama dari pada harta

Oleh karena itu ilmu sangatlah penting kak, “Ilmu lebih utama dari pada harta.” Sebab harta yang kakak keluarkan untuk keperluan sehari-hari akan berkurang, sedangkan ilmu yang diberikan kepada oang lain akan terus bertambah. Bahkan ilmu itu akan menjadi amalan yang akan terus menurus mengalir ketika kita sudah meninggal dunia. Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Apabila anak adam telah meninggal dunia, maka terputuslah amalanya, kecuali tiga amalan ini : (1) Shadaqah jariyah, (2) Ilmu yang bermanfaat, (3) Anak yang shalih yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Ada Orang Yang Celaka Karena Ilmunya

Harta pun akan menjadi bermanfaat jika kita memiliki ilmunya. Jika tidak memiliki ilmunya, maka harta tersebut pun akan habis begitu saja tanpa memberikan manfaat. Bahkan jika kita tidak memiliki ilmu, harta tersebut dapat menjerumuskan kita pada hal-hal yang buruk.

Ilmu Dan Harta Menjaga atau Dijaga? Jadi, dunia adalah tempat kita untuk menabung dan akhirat adalah tempat untuk kita memetik hasil dari amalan yang kita kerjakan  di dunia. Tentunya semua hal tersebut didasari dengan ilmu. Maka tuntutlah ilmu, sebab ilmu itulah yang menjaga kita dari berbagai macam hal buruk.

Share it on