Griya Yatim & Dhuafa

Indahnya Dzikir Sore di Asrama Surabaya

Donasiberkah – Kak, sudah sepantasnya bagi seorang makhluk untuk terus mengingat Sang Kholik. Sebab itu, kita mesti banyak berzikir kepada Allah, Setidaknya di pagi dan petang. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)” (QS. Qaf: 39). Alhamdulillah, Saat ini adik-adik binaan Griya Yatim sedang melakukan kegiatan rutin harian, yakni dzikir di sore hari. yuk Kak, kita simak artikel tentang indahnya dzikir sore di asrama surabaya.

Dianjurkannya Dzikir Pagi dan Sore

Kak, Perlu diketahui bahwa di antara dzikir dan doa yang disyariatkan bagi seorang muslim. Salah satunya yakni dzikir di waktu pagi dan sore. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu sore dan pagi” (QS. Ghafir: 55).

Baca Juga : Rutinitas Dzikir Pagi dan Petang Anak Asuh

Di ayat yang lain Allah berfirman, “Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di waktu pagi hari” (QS. Ar-Rum:17).

Kak, bahkan dzikir yang di baca oleh adik-adik kita ini merupakan dzikir yang terbaik. Allah juga memerintahkan kepada kita agar banyak-banyak mengingat kepadaNya, agar setiap aktivitas kita dimudahkan dalam menyelesaikannya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : Dan berdzikirlah pada Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung.(QS. Al-Jumu’ah: 10). Kak, dzikir yang kita baca akan mendatang kan banyak sekali manfaat, antara lain :

Allah Akan Memberikan Perlindungan

Kak, manfaat dzikir pagi dan petang yang pertama adalah mendapatkan pelindungan dari Allah. Orang yang selalu mengingat dan memuji Allah, Insya Allah akan selalu dijaga dari keburukan. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang mengucapkan dzikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut” (HR. Ahmad).

Indahnya Dzikir Sore Di Asrama Surabaya
                              Indahnya Dzikir Sore Di Asrama Surabaya

Cara Kita Mendekatkan Diri Kepada Allah

Kak, dzikir merupakan salah amalan yang sangat dicintai oleh Allah dan jug acara kita mendekatkan diri kepadaNya. Oleh karenanya jangan kita lupa dalam kehidupan kita untuk mengingatNya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Maha Tinggi” (HR. At-Tirmidzi).

Allah Akan Membalas Dengan Surga

Kak, sangat mudah bukan? Akan tetapi balasannya berupa kenikmatan yang tiada tandingnya yakni berupa surga. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barang siapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Makna Dzikir Bagi Hati Dan Manfaatnya

Yuk Kak, isilah waktu-waktu dengan mengingat Allah, dengan cara selalu berdzikir baik di waktu pagi maupun di sore hari.

Terima kasih kak, telah membersamai kami untuk tetap menjaga kebahagian mereka. Semoga setiap amalan yang kakak keluarkan di balas dengan yang lebih baik lagi. Aamiin. 

English EN Indonesian ID
Scroll to Top