Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Indahnya Puasa Senin Kamis Asrama Kemanggisan

Griya Yatim Dhuafa

Donasiberkah.id– Alhamdulillah sahabat dermawan, ada lagi amal shalih yang terbiasakan oleh adik-adik kita yang luar biasa ini, setiap hari Senin dan Kamis, Abi dan Ummi senantiasa membimbing anak-anak untuk melakukan puasa sunah Senin-Kamis, agar tumbuhlah rasa cintanya kepada syariat puasa, dan terkabullah segala doa yang mereka ucapkan, yang tentunya doa terbaik yang tertuju kepada para donatur yang berbaik hati mendermakan perhatiannya kepada adik-adik kami.

Ada apa sih di hari Senin dan Kamis, sehingga di hari itu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam selalu berpuasa, yuk kita ikuti penjelasannya:

Puasa Senin-Kamis merupakan salah satu puasa sunnah di hari Senin dan Kamis yang sering dikerjakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sepanjang hidupnya. Mengingat adanya mukjizat dan manfaat di balik puasa sunnah ini.

Dikutip dari buku Mengapa Harus Puasa Senin-Kamis? karya Asrar Mabrur Faza, hari Senin dan Kamis merupakan hari-hari yang istimewa bagi Rasulullah SAW. Dalam suatu hadits yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahkan disebutkan bahwa Rasul selalu menanti-nanti untuk berpuasa pada dua hari tersebut. Aisyah berkata,

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam selalu menunggu-nunggu saat berpuasa pada hari Senin dan Kamis,” (HR. Ahmad).

1. Hari Ketika Amal Para Hamba Diperiksa

Cara Cepat dan Mudah Menulis Buku Untuk Pemula

Salah satunya karena hari Senin dan Kamis merupakan waktu amal-amal para hamba akan dilaporkan dan diperiksa oleh Allah. Hal ini sesuai dengan Hadits Tirmidzi, diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis. Oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa.” (HR Tirmidzi).

2. Hari dimana Pintu-pintu Surga Terbuka

Siapakah Manusia Pertama yang Mengetuk Pintu Surga? – Jalan Sirah

Setiap tahun, Allah Subhanahu Wa Ta’ala membukakan pintu surga pada bulan Ramadhan. Sementara setiap pekannya, Allah membukakan pintu-pintu surga untuk hamba-hamba-Nya pada hari Senin dan Kamis.

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan, lihatkah kedua orang ini hingga keduanya berdamai.”     (HR Al Khatib, Muslim, Abu Daud, Nasa’i, At-Tarmidzi, dan Ibnu Hibban).

3. Hari Kelahiran Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam

Jambu Batu Online در توییتر "Inilah rupa Kaabah dan Mekah pada zaman dahulu. Cantikkan.. #kaabah #mekah #tanahsucimekah #mecca #makkahalmukarramah https://t.co/XuYKUsxitU… https://t.co/LIvACVdDBZ"

Abu Qatadah Radhiyallahu ‘Anhu menceritakan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah ditanya tentang puasa pada hari Senin. Beliau bersabda,

“Itu adalah hari aku dilahirkan, diangkat menjadi Nabi, dan diturunkannya kepadaku Al Quran (pertama kali),” (HR Muslim).

Demikianlah hikmah dibalik hari Senin dan Kamis yang mana Nabi senantiasa berpuasa di hari itu, semoga Allah memberikan taufiq kepada kita untuk bisa menjalankan ibadah sunnah yang istimewa ini.

Yuk Sahabat tanamkan kebaikan untuk adik-adik Yatim dan dhuafa dengan berdonasi melalui link gambar di bawah ini:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

33 views
English EN Indonesian ID