News

Inilah 3 Kunci Hidup Sukses

Untuk mencapai kesuksesan dalam suatu hal, ada hal-hal yang perlu kita lakukan. Menurut Imam Al-Maliki, untuk mencapai kesuksesan kita membutuhkan 2 hal, yaitu berdoa dan tawakkal. Pendapat ini diperbaharui oleh Imam Asy-Syafi’i. Imam Asy-Syafi’i berpendapat bahwa tidak hanya 2 hal yang diperlukan, tapi terdapat Inilah 3 kunci hidup sukses. Diawali oleh Ikhtiar, berdoa, lalu tawakkal.

1. Ikhtiar

Ikhtiar dalam istilah berarti berusaha dengan sekuat tenaga untuk mencapai suatu tujuan. Tidak termasuk ikhtiar jika tidak diusahakan dengan sekuat tenaga dan hingga batas maksimal. Usaha yang hanya setengah-setengah tidak akan membawa kita kepada keberhasilan. Allah berfirman : “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (QS. An-Najm : 39).

Ikhtiar pun diiringi dengan syarat-syarat lainnya. Yang pertama adalah niat. Niat yang kuat lah yang akan mendorong kita untuk berikhtiar. Niat merupakan perkara yang pertama harus diluruskan. Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan…” (HR. Bukhari).

Inilah 3 Kunci Hidup Sukses

Yahya bin Abu Katsir berkata, “Pelajarilah niat! Sesungguhnya niat itu lebih dapat menyampaikan kepada tujuan daripada amal.”

Kedua, adalah ilmu. Ikhtiar itu mesti diikuti dengan ilmunya. Agar bentuk ikhtiarnya itu sejalan dengan tujuannya. Setiap ikhtiar yang diikuti dengan ilmu pasti akan lebih efisien. Berbeda dengan ikhtiar yang tidak diikuti dengan ilmu. Allah berfirman : “Katakanlah, ‘Samakah orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu?’” (QS. Az-Zumar : 9).

Sedekah juga merupakan bentuk dari ikhtiar kita untuk mencapai kesuksesan. Mengapa demikian? Sedekah merupakan bentuk syukur kita terhadap nikmat yang Allah berikan. Jika kita bersyukur, maka Allah berjanji akan menambah nikmatNya bagi kita.

Allah berfirman : “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan : ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’”.

2. Berdoa

Hanya Allah lah yang mengkehendaki kesuksesan untuk seeorang. Jadi, kesuksesan itu tidaklah sebab kecerdasan dan keahlian kita, kecuali dengan kehendak Allah. Oleh karena itu, kita wajib untuk berdoa. Allah berfirman : “Berdoalah kepadaKu niscaya akan Aku perkenankan bagimu” (QS. Ghofir : 60).

Bahkan dalam sehari, kita diwajibkan untuk berdoa sebanyak 5 kali, yakni seusai shalat. Waktu berdoa seusai shalat ini merupakan waktu yang dianjurkan untuuk berzikir dan juga berdoa. Memohon kepada Allah agar dilancarkan segala urusannya. Oleh karena itu, shalat merupakan kunci untuk mencapai doa yang mustajab dan kesuksesan dunia akhirat.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Dianjurkan bagi setiap hamba sesudah shalat dan setelah membaca dzikir semacam istigfar, tahlil, tasbih, tahmid dan takbir, lalu dia bershalawat kepada Nabi, dan dia boleh berdo’a sesuai yang dia inginkan. Karena berdo’a sesudah melakukan aktivitas ibadah semacam ini adalah waktu yang tepat untuk terkabulnya do’a, apalagi sesudah berdzikir kepada-Nya dan menyanjug-Nya, juga setelah bershalawat kepada Nabi-Nya. Ini adalah sebab yang sangat ampuh untuk tercapainya manfaat dan tertolaknya mudhorot (bahaya).”

3. Tawakal

Tawakal adalah kesungguhan hati dalam bersandar kepada Allah untuk mendapatkan kemashlahatan serta mencegah kemudhorotan, menyangkut urusan dunia maupun akhirat. Allah berfirman : “…Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan baginya jalan keluar dan memberi dia rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, aka Dia itu cukup baginya.” (QS. At-Talaq : 2-3).

Baca Juga : Keberkahan Harta Terletak Pada Zakat

Tawakal dilakukan ketika kita sudah mencapai batas maksimal dalam ikhtiar dan doa. Takdir Allah dan sunnatullah sehubungan denan makhluk berkaitan erat dengan ikhtiar. Allah memerintahkan untuk bertawakal setelah berikhtiar, sebagai manifestasi iman kepadaNya. Tawakal itu yakin dan sabar bahwa Allah akan akan memberikan yang terbaik sesuai yang kita usahakan.

Sahabat, itulah 3 kunci hidup sukses. Setiap poinnya berkaitan dengan yang lain. Maka tidak bisa dipisahkan ketiga hal tersebut. Tidak mengadakan ikhtiar dianggap cacat dalam hukum. Sedangkan mengandalkan usaha merupakan cacat dalam tauhid.

Yuk kita amalkan Inilah 3 kunci hidup sukses tersebut. Semoga Allah berikan kesuksesan dalam kehidupan kita di dunia maupun di akhirat.

Share it on