Griya Yatim & Dhuafa

Inilah 5 Manfaat Sedekah

admin

Beramal shalih merupakan kewajiban seorang muslim untuk menjadi seorang yang bermanfaat. Sebab Rasulullah bersabda : “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad). Setiap hal dari diri kita yang bermanfaat bagi orang lain merupakan suatu amal shalih. Amal shalih juga dianggap sebagai sedekah. Dan bersedekah memiliki banyak keutamaan dan juga manfaat. Setidaknya kak, inilah 5 manfaat sedekah yang harus kita ketahui.

1. Mengundang datangnya rezeki

Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261, Allah melipat gandakan pahala orang yang berinfak dijalanNya. Allah berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261).

Bersedekah juga merupakan tanda syukur kita terhadap rezeki yang Allah berikan. Dengan bersyukur, Allah pasti akan tambahkan rezeki kita. Allah berfirman : “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7).

2. Menolak Bala

Bala atau sering disebut juga sebagai petaka, atau musibah. Menurut istilah identik dengan semacam teguran atau peringatan. Musibah itu datang dengan izin Allah, melalui perantara makhlukNya. Allah berfirman : “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. An-Nisa: 79).

Rasulullah bersabda : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak dapat mendahului sedekah” (HR. Baihaqi). Oleh karena itu, seringkali disebutkan untuk bersegera dalam bersedekah. Sebab tidak ada yang tahu kapan akan tiba musibah.

Dalam hadits lain disebutkan, Rasulullah bersabda : “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan (di antara bencana itu) adalah wabah penyakit kusta dan lepra,” (HR. Thabrani).

5 Manfaat sedekah

3. Menyembuhkan Penyakit

Sedekah juga dapat menyembuhkan penyakit. Rasulullah bersabda : “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dengan bersedekah, dan siapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana” (HR. Tabrani). Bersedekah menandakan berserah diri, syukur, dan ingat kepada Allah. Oleh sebab itu Allah akan angkat penyakit dari orang yang bersedekah.

Meskipun begitu, bukan berarti kiat tidak perlu periksa penyakit ke dokter. Tetap kita mesti berikhtiar untuk sembuh, dengan cara beristirahat, minum obat, dan bersedekah. Kesembuhan yang kita dapatkan, sekali-kali bukan karena obat yang manjur, bukan juga dokter yang handal. Melainkan karena kehendak Allah.

4. Memanjangkan Umur

Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya sedekah orang muslim dapat menambah (memperpanjang) umurnya, dapat menunda kematian yang su’ul khatimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat berbangga kepada diri sendiri.” (HR. Thabrani).

Dengan bersedekah pun artinya kita telah menjaga silaturahmi dengan saudara-saudara kita. Rasulullah bersabda : “Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahim” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Sedekah Yang Paling Utama

5.  Menghapus dosa

Selain memberikan manfaat di dunia, sedekah juga memberikan manfaat di akhirat kelak. Sedekah dapat menghapus dosa-dosa kita yang telah lalu. Rasulullah bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. Tirmidzi).

Inilah 5  Manfaat Sedekah. Yuk Kak tetap semangat berbagi dan bersedekah, karena berbagi dan bersedekah selain mendatangkan banyak manfaat untuk sesama, juga sangat besar pahalanya disisi Allah. Semoga Allah setiap amal shalih kita diterima oleh Allah. Aamiin…

2 views