Griya Yatim & Dhuafa

Inilah 8 Jalan Rezeki Dalam Al-Qur’an

Allah adalah Rabb yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah. Allah memberikan segala rahmat dan nikmat kepada setiap makhluknya. Begitu pula rezeki, Allah-lah yang mengatur rezeki setiap makhluk dan setiap makhluk pasti akan mendapatkan rezeki dari Allah. Sahabat, Al-Quran telah mengabarkan kepada kita bahwa rezeki selalu ada jalannya, dan kita sepakat bahwa rezeki tidak melulu soal uang atau materi dan kitapun sepaham bahwa rezeki tidak akan tertukar. Maka Inilah 8 Jalan Rezeki Dalam Al-Qur’an yang perlu kamu ketahui.

Inilah 8 Jalan Rezeki Dalam Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an disebutkan terdapat 8 Jalan Rezeki yang akan datang menghampiri makhluk-makhluk Allah. Antara lain :

  • Rezeki yang telah dijamin

Allah berfirman : “Tidak ada satu mahluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya” (QS. Hud : 6). Allah telah menjamin bahwa setiap makhluk yang Allah ciptakan akan mendapatkan rezeki. Namun, setiap makhluk juga berbeda-beda kadar rezeki nya tergantung amal saleh dan usahanya. Maka, meskipun telah Allah jamin rezeki bagi kita, kita tetap harus berikhtiar dan berdoa.

  • Rezeki yang tidak diduga-duga

Allah berfirman : “…Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya…” (QS. At-Thalaq : 2-3). Allah itu Maha Pengasih. Dia memberikan rezeki kepada setiap makhluknya. Bahkan Allah memberikan rezeki dari arah yang tidak diduga-duga bagi orang-orang yang bertakwa.

  • Rezeki karena anak

Allah berfirman : “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (QS. Al-Isra : 31). Ada sebagian orang yang berkecil hati ketika memiliki anak, dan berpikiran bahwa dia tidak sanggup untuk menghidupi anaknya lantaran kemiskinan. Sungguh, anak tersebut akan mennjadi sebab datangnya rezekikarena pada anak tersebut sudah Allah jamin rezeki baginya, dan juga bagi keluarganya.

  • Rezeki karena istighfar

Allah berfirman : “Beristighfarlah kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta” (QS. Nuh : 10-11). Ketika kita berbuat suatu dosa, maka kita hendaknya beristighfar kepada Allah. Dengan beristighfar kepada Allah, dosa kita akan diampuni olehNya yang Maha Pengampun. Dan dengan beristigfar pula, Allah akan menambahkan rezeki kita.

  • Rezeki karena menikah

Allah berfirman : “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemapanan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (QS. An-Nur : 32). Kebanyakan orang khawatir ketika hendak menikah karena belum cukup mapan. Padahal dengan menikah, Allah pasti akan mencukupkan rezeki pada keluarga tersebut.

  • Rezeki karena bersyukur

Allah berfirman : “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu…” (QS. Ibrahim : 7). ketika kita mendapat rezeki dan keberkahan dari Allah. Maka sepatutnya kita bersyukur. Karena dengan bersyukur, Allah pasti akan tambahkan nikmat yang telah diberikan kepada kita.

  • Rezeki karena berusaha

Allah berfirman : “Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya” (QS. An-Najm : 39). Allah telah memperintahkan kita untuk senantiasa berikhtiar dalam segala hal. Karena tidak akan didapati olehnya, selain apa yang telah diusahakannya.

  • Rezeki karena bersedekah

Allah berfirman : “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak” (QS. Al-Baqarah : 245). Bersedekah juga merupakan salah satu Jalan Rezeki yang telah Allah kabarkan dalam Al-Qur’an. Kita harus meyakini bahwa dengan bersedekah, tidak akan mengurangi harta kita bahkan menambahkannya.

Baca Juga : Ancaman bagi umat muslimin yang enggan berzakat

Sahabat, inilah 8 Jalan Rezeki dalam Al-Qur’an yang merupakan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Semoga dengan mengetahui hal-hal tersebut, dapat menambah keimanan kita dan mebuat kita semakin giat untuk berusaha mencari ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top