News

Inilah Akhlak Seorang Muslim

Hisyam bin Amir pernah bertanya kepada Aisyah ra tentang akhlak Rasulullah. Aisyah ra menjawab : “Akhlak Nabi adalah Al-Qur’an”. (HR. Muslim). Jadi seorang muslim patut mencontoh Rasulullah sebagai teladan terbaik. Menirunya dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai referensi utama dalam segala keadaan. Jadi Inilah Akhlak Seorang Muslim yang perlu kamu ketahui ya.

Berikut inilah akhlak seorang muslim yang tercantum dalam Al-Qur’an dan harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. diantaranya yaitu :

1. Jujur

Jujur merupakan ciri utama orang yang beriman. Rasulullah bersabda : “Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur.” (HR. Bukhari).

Jelas berbeda orang yang jujur dan pendusta. Dan hanya orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir yang tidak akan berani untuk berkata dusta sebab Allah Maha Mengetahui. Allah berfirman : “Dan sungguh Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang jujur dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al-Ankabut : 3).

Akhlak Seorang Muslim

Orang-orang yang jujur akan mendapatkan surganya Allah. itulah keuntungan yang besar. Allah berfirman : “Inilah saat orang yang jujur memperoleh manfaat dari kejujurannya. Mereka memperoleh surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. Al-Maidah : 119).

2. Amanah

Amanah merupakan bukti keimanan seseorang terhadap Allah. Jika diberikan kepadanya amanat maka dia akan jalankan sebab dia yakin bahwa Allah akan memberikan balasan kepadanya. Amanah pun merupakan kewajiban. Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS. Al-Anfal : 7).

Oleh sebab itu, amanah merupakan akhlak wajib yang mesti dimiliki oleh setiap muslim. Jika diberikan amanat maka harus kita lakukan hingga selesai. Bahkan yang Allah berikan kepada kita ini pun berupa amanat. Amanatnya adalah menyembah kepadaNya. Allah berfirman : “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56).

Maka, amanah juga disebut sebagai akhlak yang paling mendasar pada diri setiap manusia. Namun, tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk berkhianat sedang mereka mengetahuinya. Mereka bahkan menipu dirinya sendiri, disebabkan kebodohan dalam diri mereka.

3.  Sabar

Sabar juga merupakan akhlak utama seorang muslim. Dalam Al-Qur’an pun sabar sering kali disebutkan bersama dengan kata shalat yang merupakan kewajiban. Sabar pun menjadi kewajiban pada batas-batasnya. Allah berfirman : “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu”. (QS. Al-Baqarah : 45).

Sabar pun banyak jenisnya. Yakni sabar dalam ketaatan, sabar kepada manusia, dan juga sabar kepada ketetapan Allah. Meskipun begitu, inti dari sabar adalah bukti bahwa kita meyakini bahwa Allah itu tidak akan zalim kepada setiap makhluknya. Maka setiap muslim itu harus mampu untuk bersabar.

Baca Juga : Akhlak Yang Utama

Sahabat, Seorang muslim adalah sejatinya orang yang memiliki akhlak terpuji, berhias dengan kesabaran, malu berbuat dosa, berpakaian tawadhu dan sayang kepada sesama. Dalam dirinya terpancar ketenangan, amanah, mampu menahan amarah, tidak menyakiti orang lain baik dengan lisannya atau perbuatannya, tidak sombong, pemaaf, dan penuh kesabaran.

Sejatinya itulah akhlak yang harusnya terdapat dalam diri seorang muslim, sebuah karakter yang terwarnai oleh Al-Qur’an, sebagaimana akhlaknya Rasulullah. Ketakwaan dapat memperbaiki hubungan antara seorang hamba dengan Allah. Adapun akhlak mulia dapat memperbaiki hubungannya dengan sesama makhluknya. Jadi, takwa kepada Allah ta’ala akan melahirkan cinta seseorang kepadaNya, sedangkan akhlak mulia dapat menarik cinta manusia kepadanya.

Yuk sahabat, senantiasa kita berdoa dan berusaha meraih pribadi yang berakhlak mulia. Aamiin

Share it on