Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Balasan dari Beramal Shalih

Kehidupan di dunia ini hanyalah sementara. Maka kita sebagai orang yang beriman kepada hari akhir harusnya menjauhi segala macam hal yang sia-sia, baik perkataan ataupun  perbuatan. Segala perbuatan kita di dunia ini harus kita pertanggungjawabkan di akhirat kelak. Maka tidak ada yang bisa menyelamatkan kita di akhirat nanti selain ibadah dan amal shalih yang kita lakukan di dunia. Maka Inilah Balasan dari Beramal Shalih.

Setiap perbuatan pasti Allah berikan balasan atasnya. Terdapat suatu perbuatan yang Allah berikan balasannya semasa kita di dunia. Misal hal-hal yang kita berikhtiar dan berdoa untuk hal tersebut, Allah memberikan balasannya selagi kita di dunia. Dan terdapat juga perbuatan yang Allah berikan balasannya nanti di akhirat kelak. Misal amal ibadah.

Inilah Balasan dari Beramal Shalih

Namun, Allah itu Maha Pengasih lagi Maha Pemurah. Balasan dari beramal shalih akan Allah berikan ketika kita di dunia dan juga di akhirat nanti. Oleh karena itu, kita jangan berhenti untuk beramal shalih. Amal shalih itu tidak dapat dipisahkan dari diri seorang yang beriman.

Ada banyak balasan yang Allah berikan kepada orang beriman yang beramal shalih, Antara lain :

  1.       Memiliki rasa kasih sayang

Allah berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shalih, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.” (QS. Maryam : 96). Ketika Allah menanamkan dalam hati kita rasa kasih sayang, maka hati kita tidak akan merasa berat untuk membantu orang lain. Sehingga kita dapat beramal soleh secara terus menerus tanpa merasa berat hati. Seorang mukmin yang beramal shalih merupakan suatu  kebaikan yang menciptakan kebaikan yang lainnya.

  1.       Kehidupan yang baik

Allah berfirman : “Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl : 97). Ketika beramal soleh tidak perlu memikirkan apa yang kita keluarkan, karena balasan Allah pasti sesuatu yang lebih baik.

Baca Juga : Yuk semua kita Awalilah Dengan Bismillah

  1.       Pahala yang besar

Allah berfirman : “Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS. Al-An’am : 160). Allah akan membalas suatu amal shalih seorang mukmin sebanyak sepuluh kali lipat di akhirat kelak. Beramal shalih tidak akan menimbulkan kerugian di dunia maupun di akhirat.

  1.       Memperoleh ampunan

Allah berfirman : “Maka orang-orang yang beriman dan beramal shalih, bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia.” (QS. Al-Hajj : 50). Setiap manusia pasti memiliki dosa-dosa, terlebih dosa-dosa yang tidak disengaja. Bagi seorang yang beriman, amal shalih yang dilakukannya akan menjadi penghapus dosa-dosa baginya.

  1.       Sebagai pintu rezeki

Dalam surat Al-Hajj ayat 50 disebutkan juga “…memperoleh dan rezeki yang mulia.” Orang yang beramal shalih selalu berusaha untuk mendapatkan rezeki dengan cara-cara yang halal, bukan cara yang haram. Dia yakin bahwa kekayaan telah dikeluarkannya untuk beramal soleh akan Allah berikan balasannya.

  1.       Memperoleh petunjuk

Allah berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shalih, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan.” (QS. Yunus : 9). Balasan dari beramal shalih juga berupa hidayah dan petunjuk. Oleh karenanya, bersedekahlah ketika kita berada di masa yang sulit dan Allah akan memberikan petunjuk dan jalan keluar bagi kita.

Inilah Balasan dari Beramal Shalih. Allah akan membalas kebaikan dari orang baik dengan kebaikan yang lebih baik. Semoga Allah akan senantiasa melapangkan kita untuk beramal shalih. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top