Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Beberapa Amalan pada Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan. Salah satunya adalah Allah memberikan pahala yang berlipat ganda. 

Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, di dalam bulan Ramadhan terdapat amalan-amalan yang hanya ada/biasa dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Sahabat, Yuk simak sama-sama.

Inilah Beberapa Amalan pada Bulan Ramadhan yang perlu kita maksimalkan :

  1.   Berpuasa

Bulan Ramadhan sangat identik dengan sebutan bulan puasa. Ini karena hanya pada bulan Ramadhan kita di wajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Perintah untuk berpuasa disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 ­­yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”.

Berpuasa bukanlah hanya sekedar menahan haus dan lapar saja, tapi berpuasa juga menahan nafsu dari perbuatan dan ucapan yang tidak layak. Rasulullah bersabda : “Bukanlah puasa itu sebatas menahan dari lapar dan haus, tetapi hakikat puasa itu ialah menahan diri dari perbuatan yang sia-sia dan uacapan-ucapan yang tidak layak(rafats).” (HR. Ibnu Majah)

Inilah Beberapa Amalan pada Bulan Ramadhan

  1. Shalat tarawih

Amalan sunnah yang hanya ada pada bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih dilakukan setelah shalat isya. Shalat tarawih dilakukan sebanyak 8 atau 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir. Dalam hadits, shalat tarawih disebut dengan Qiyam, atau Qiyam Ramadhan. Rasulullah bersabda : “Barang siapa yang (menjalankan) qiyam Ramadan semata-mata beriman dan mengharapkan pahala dari Allah Swt, maka dosa-dosanya (yang kecil) yang telah lalu akan diampuni” (HR. Imam Bukhari).

Pada keadaan saat ini dimana shalat tarawih berjamaah tidak dilaksanakan lagi di beberapa masjid karena wabah virus corona, kita bisa melakukan shalat tarawih berjamaah bersama keluarga di rumah, bisa juga dilaksanakan sendiri-sendiri.

  1.   Menuntut Ilmu Agama

Pada bulan Ramadhan kita sering melihat di masjid-masjid, banyak orang berkumpul untuk mendengarkan tausiyah sehabis shalat subuh. Menuntut ilmu agama pada bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan dibandingka di bulan-bulan lainnya. Dari Anas bin Malik, Ia mendengar Rasulullah bersabda : “Barangsiapa hadir di majelis ilmu pada bulan Ramadhan maka Allah menulis bagi orang tersebut tiap-tiap jangkahan kakinya sebagai ibadah satu tahun”.

Baca Juga : Inilah Keutamaan Bulan Suci Ramadhan yang Perlu di Ketahui

  1.   Memberi makan orang yang berbuka puasa

Salah satu amalan sunnah yang paling istimewa dibulan Ramadhan adalah memberi makan orang yang berbuka puasa. Amalan ini jarang dilakukan ketika dibulan-bulan yang lain, karena kita jarang bertemu dengan orang yang berpuasa/tidak menyadarinya. Namun tidak demikian pada bulan Ramadhan, Pada bulan Ramadhan setiap orang muslim mestinya berpuasa, kita juga dapat memberi makan kepada banyak orang yang sedang berbuka puasa. Bisa dengan cara menyumbang makanan ke masjid untuk orang-orang berbuka puasa atau pun dengan melakukan sebar takjil untuk memberikan makan orang yang berbuka puasa ditengah perjalanan.

Pahala untuk orang yang memberikan makan orang yang berbuka puasa adalah pahala puasa orang yang diberikan makan tersebut, tanpa mengurangi nya sedikitpun. Raslullah bersabda : “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

  1.   Membayar zakat fitrah

Membayar zakat fitrah adalah amalan wajib yang harus ditunaikan sebelum Ramadhan selesai, atau lebih tepatnya sebelum sholat ied. Zakat fitrah wajib dikeluarkan bagi setiap orang muslim yang merdeka. Dari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Dan masih banyak lagi amalan-amalan yang diistimewakan pada bulan Ramadhan, seperti membaca Al-Qur’an, Sedekah, dan yang lainnya. Sahabat dermawan, semoga kita dapat menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, meskipun wabah virus corona semakin mencekam kita harus tetap sabar dan tawakkal menjalani perintah-Nya. Aamiin…

 

English EN Indonesian ID
Scroll to Top