Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Cara Menghindari Musibah dengan bersedekah

Pada keadaan yang seperti ini, dimana segala hal makin sulit dikarenakan wabah virus corona yang belum juga mereda ini. Begitu juga dengan ekonomi masyarakat yang terdampak oleh kebijakan pemerintah tentang Physical Distancing ini. Di dalam keadaan yang serba sulit seperti ini, kita dapat melakukan beberapa hal yang menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan bersedekah.

Mengapa harus dengan bersedekah?

Kita harus tahu dan memahami bahwa kekayaan itu sama sekali tidak ada artinya jika tidak mengandung keberkahan. Ketika terdapat keberkahan didalamnya, harta dan rezeki yang kita miliki akan terasa mencukupi meskipun jumlahnya sedikit. Dan juga sebaliknya, jika tidak ada keberkahan dalam harta dan rezeki yang kita miliki, maka harta itu terasa tidak akan pernah cukup dan hanya terasa kosong dan menyusahkan.

Inilah Cara Menghindari Musibah dengan bersedekah
                      Inilah Cara Menghindari Musibah dengan bersedekah

Agar terdapat keberkahan didalam harta kita, Rasulullah menganjurkan kita agar memperbanyak sedekah. Rasulullah bersabda : “Belilah semua kesulitanmu dengan bersedekah” (HR. Tirmidzi dan Ahmad). Dalam riwayat yang lain, disebutkan bahwa Rasulullah menjelaskan : “Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, melainkan ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, ‘Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya kerena Allah’. Yang satu lagi menyeru, ‘Ya Allah, Musnahkanlah orang yang menahan hartanya’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : INILAH BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1441H

Sedekah, meskipun kecil nilainya, Namun memiliki nilai yang begitu besar di sisi Allah. Terlebih lagi sedekah yang dikeluarkan orang yang berada dimasa sulitnya. Rasulullah bersabda : “Satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham”. Lalu ada yang bertanya, “Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah?” Beliau jelaskan, “Ada seseorang yang mewakili dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan.” (HR. An-Nasa’i).

Jadi, meskipun kita berada dalam keadaan seperti apapun, sempit maupun lapang, kita harus menyisihkan sebagian dari harta kita untuk bersedekah. Dengan itu kita akan merasa tenang dan juga cukup dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Sedekah merupakan amalan yang akan Allah balas dengan kebaikan di dunia dan juga di akhirat kelak. “Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya hingga manusia diadili (oleh pengadilan Allah),” atau dalam riwayat lain Beliau bersabda, “Hingga keputusan di antara manusia ditetapkan (oleh pengadilan Allah),” (HR. Ibnu Khuzaimah).  Sedekah tidak akan mengurangi kekayaan kita, Rasulullah bersabda : “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”(HR. Muslim), jadi pada hakikatnya sedekah merupakan tabungan kita di akhirat.

Kita dapat menghindari musibah dengan bersedekah

Dengan bersedekah kita juga dapat menghindari bencana. Oleh karena itu, dalam situasi pandemi virus corona ini, kita harus bersegera untuk bersedekah. Rasulullah bersabda : “Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tidak dapat mendahului sedekah”. (HR. Thabrani).

Sahabat Dermawan, Yuk bersama dengan Lembaga Amil Zakat Griya Yatim & Dhuafa, kita bersegera untuk bersedekah dan ikut untuk berdonasi di donasiberkah.id  agar kita di jauhkan dari segala bencana. Dengan sedekah yang kita keluarkan, kita dapat membantu banyak orang yang telah terdampak wabah virus corona. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Indonesian ID
Scroll to Top