News

Inilah Cara Mudah Masuk Surga

Betapa indahnya ketika berbicara tentang surga. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal. Mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya.” (QS al-Kahfi: 107-108). Rasulullah SAW menyebutkan beberapa peristiwa ringan yang mengantarkan seseorang menjadi ahli surga, dengan amalan di satu hari. Yuk simak artikel tentang Inilah Cara Mudah Masuk Surga.

Surga memiliki derajat berbeda-beda. Ada Surga Firdaus Al-A’la. Di tempat ini mengalir sungai-sungai surga yang besar yang berjumlah empat, yakni sungai susu, sungai madu, sungai khamar dan sungai air. Surga Firdaus ini adalah tempat untuk Nabi Muhammad SAW dan orang-orang yang mendapatkan syafaat dari Nabi Nuhammad  SAW.

Inilah Cara Masuk Surga

Sahabat dermawan, kita semua punya tujuan yang sama di dunia ini, yakni bisa masuk Surga. Diantara orang yang masuk surga, ada yang langsung masuk kedalamnya tanpa hisab, ada pula yang harus menunggu lama (dihisab)⠀

Jika bisa memilih pastilah kita menginginkan masuk surga tanpa hisab. Nah sahabat, amalan apa saja yang bisa kita amalkan hingga kita dimudahkan menuju surga? Mari sahabat kita simak

Rasulullah Shallallahu alahi wa salam bersabda : “Wahai manusia, tebarkanlah salam, bagikanlah makanan, dan shalatlah pada waktu malam ketika orang-orang sedang tidur, niscaya kalian pasti masuk surga dengan selamat.”(HR. Tirmidzi, hadits Hasan sahih)⠀

Berikut Penjelasan Hadist diatas tentang Inilah Cara Mudah Masuk Surga :

  • Menebar Salam

Menyebarkan salam maksudnya selalu mengucapkannya setiap kali bertemu atau berjumpa meskipun sudah mengucapkan salam saat perjumpaan sebelumnya. Seorang Muslim yang tidak mau mengucapkan salam setiap kali bertemu dianggap bakhil.

Karena mengucapkan salam itu menimbulkan rasa cinta, maka sebaliknya meninggalkan salam akan menyebabkan kesedihan. Ini sesuatu yang lumrah pada diri manusia. Jika ada orang yang lewat dan mengucapkan salam kepadamu maka engkau akan merasa senang dan cinta. Namun, jika yang lewat itu tanpa mengucapkan salam, maka engkau akan merasa ragu terhadapnya.

  • Bagikanlah Makanan 

Berikanlah makan kepada orang-orang yang membutuhkan, kepada tamu dan tetangga. Ini merupakan akhlak mulia yang bisa menghantarkan pelakunya masuk surga. Orang yang memberikan makan kepada orang lain akan memiliki keistimewaan dan kedudukan di masyarakat. Orang yang memberikan maka akan mendapat rizki yang berlimpah.

  • Sambunglah Tali Silaturahmi

Silaturrahim itu memiliki keistimewaan yang agung, merupakan sebab masuk surga. Dan memutus silaturrahim menyebabkan laknat dan terjauhkan dari rahmat Allâh Azza wa Jalla .

  • Shalatlah pada waktu malam ketika orang-orang sedang tidur

Ini mencakup shalat-shalat wajib, seperti shalat ‘Isya dan shalat Shubuh, juga mencakup shalat malam, karena malam adalah waktunya orang-orang tidur. Jika seseorang bangun dan shalat maka ini menunjukkan keimanannya karena dia lebih memilih shalat dari pada tidur dan istirahat.

Baca Juga : Selamatkan Hati dari 5 Perkara

Itu adalah balasan mereka, pahala atau ganjaran yang sesuai dengan jenis amalan yang dikerjakan. Masuk surga merupakan cita-cita tujuan terbesar seorang Mukmin. Masuk surga itu mudah bagi siapa yang Allâh mudahkan. Semua yang ada dalam surga berupa kebaikan, kenikmatan, kelezatan dan kebahagiaan tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allâh Azza wa Jalla . Amal-amal untuk masuk surga semuanya mudah dan tidak sulit.

Ini adalah hadits yang agung, karena keempatnya termasuk akhlak yang mulia. Menyebarkan salam, memberi makan, dan menyambung tali silaturrahim manfaatnya untuk orang lain, sedangkan shalat malam di saat yang lain tertidur manfaatnya untuk orang yang melakukan amalan tersebut.

Yuk sahabat dermawan, mari kita berlomba-lomba dalam beramal. Semoga Allah memudahkan kita masuk kedalam surgaNya. Aamiin Yaa Rabb🤲🏻⠀

Share it on