News

Inilah Cara Mudah Mengajarkan Kedisiplinan Anak

Apakah anak-anak langsung menangis jika tidak dapat yang dia inginkan? atau bisa nangis juga ketika kita ambil gadget karena sudah terlalu lama bermain? Ayah dan bunda inilah cara mudah mengajarkan kedisiplinan anak. Yuk kita simak artikel berikut ini.

Tidak hanya mengajarkan anak-anak mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan, namun lebih dari itu makna dari disiplin. Perilaku disiplin adalah salah satu tugas orangtua terhadap anak, disiplin juga berarti mendidik anak untuk mengikuti dan menghargai peraturan yang berlaku,tugas ini membutuhkan waktu dan kesabaran tinggi.⠀

Yuk mulai terapkan disiplin pada anak

Menerapkan disiplin pada anak bermanfaat untuk melatih cara mengontrol emosi dan menentukan pilihan yang baik untuk dirinya sendiri . Bunda dan Ayah bisa menerapkan disiplin pada anak sedini mungkin juga ya. Berikut adalah cara mudah untuk menerapkan disiplin pada anak, antara lain: 

Inilah Cara Mudah Mengajarkan Kedisiplinan Anak⠀

  1. Buat Rutinitas Terjadwal. 

Upayakan untuk menjaga rutinitas anak dengan latihan setiap hari, anak akan belajar menjalankan rutinitas tanpa bantuan orang tua. Seperti bila pagi hari, anak tahu kapan saatnya sarapan, mandi, menyikat gigi, dan berpakaian. Rutinitas setelah sekolah yang baik yaitu mengajarkan anak bagaimana membagi waktu antara tugas, pekerjaan rumah, dan bermain.⠀

Baca Juga : Tanamkanlah Akhlak Pada Anak sejak Dini

  1. Jelaskan Alasan di Balik Aturan.

Ketika orangtua sedang memberikan aturan kepada anak, sebaiknya juga disertai dengan alasan di baliknya. Dengan begitu anak akan memahami alasan aturan tersebut dan mengapa ia harus menurutinya. Ini juga akan membantu anak untuk memahami alasan yang mendasari aturan dan tidak bingung apa tujuan ia harus melakukan sesuatu.⠀

  1. Puji Perilaku Baik Anak.

Jangan pernah pelit memberikan pujian sebagai apresiasi kepada anak, dan dengan memberikan perhatian dan pujian positif setiap kali anak menunjukkan disiplin diri, maka insya Allah anak menjadi lebih disiplin. ⠀

Hal yang perlu diperhatikan saat terapkan disiplin pada anak

Nah, setelah cara tersebut diterapkan jangan lupa juga perhatikan hal berikut ini ya ka, diantaranya adalah :

  • Bersikap konsisten
    Sikap konsisten adalah hal terpenting dalam menerapkan disiplin pada anak. Berusahalah untuk konsisten dengan peraturan yang disepakati ya. Upayakan agar Bunda dan Ayah memberikan aturan yang sama, agar ia tidak bingung dan merasa serba salah.
  • Jadi contoh yang baik
    Berusahalah untuk selalu menjadi contoh yang baik untuk anak. Karena Si Kecil akan lebih meniru perilaku dibandingkan kata-kata yang Bunda sampaikan.
  • Berikan apresiasi
    Ucapkan kata-kata apresiasi ketika dia berhasil melakukan suatu pekerjaan dengan baik, seperti “Terima kasih adik hari ini sudah bisa membersihkan tempat tidur”. Bunda juga bisa menyampaikan kalimat yang membangkitkan semangatnya, saat dia sedang berusaha mengerjakan tugasnya. Misalnya, “Adik baik sekali membantu Bunda mencuci piring setelah makan”.

Inilah cara mudah mengajarkan kedisiplinan anak, dan hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin terapkan disiplin pada anak.  Hal lain yang perlu Bunda dan Ayah ingat dalam menerapkan disiplin adalah perilaku anak tidak akan berubah dalam waktu yang singkat.

Sahabat mungkin ada tips-tips, silahkan share di kolom komentar ya, semoga yang kita share bermanfaat untuk sesama.

Share it on