Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Efek Jika Kurang Tidur

admin

Sahabat dermawan, tentu keinginan setiap muslim untuk bisa beribadah dengan maksimal setiap saat menjadi fokus utama. Tapi, sangat disayangkan banyak mereka yang kelelahan karena kurangnya istirahat atau malamnya mungkin masih sering begadang. Maka artikel ini akan membahas Inilah Efek Jika Kurang Tidur.

Tidur memiliki peran penting bagi tubuh. Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun pagi, serta siap menjalani aktivitas sepanjang hari. Selain itu, tidur juga ikut membantu proses tumbuh kembang, terutama  pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Banyak juga mereka yang tidak memberikan hak tubuhnya untuk istirahat melainkan hanya sedikit sekali. Kebutuhan tidur tiap orang tidak sama. Namun secara umum, dibutuhkan tidur berkualitas selama 7 – 9 jam setiap hari, agar fungsi penting di atas dapat berjalan optimal. Bagi anak-anak dan remaja, kebutuhan tidur berkisar antara 8 – 10 jam setiap hari.

Inilah Efek Jika Kurang Tidur

Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi, bisa menyebabkan Anda terlihat lelah saat bangun, menguap sepanjang hari, dan sulit untuk konsentrasi. Beberapa hal berikut ini juga dapat terjadi jika Anda sering kurang tidur:

  • Menderita penyakit serius
    Salah satu penyakit serius yang dapat diderita oleh penderita insomnia adalah penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantung. Ketahuilah bahwa tidur berperan penting dalam kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Itulah sebabnya, orang yang kurang tidur lebih rentan menderita penyakit jantung.
  • Mudah sakit dan susah sembuh
    Sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein-protein yang dinamakan sitokin. Sitokin dibutuhkan untuk membantu tubuh melawan infeksi, peradangan, dan stres. Saat kita tidur, tubuh akan melepaskan sitokin. Jika kita kurang tidur, maka produksi sitokin ini juga akan berkurang.
    Kurang tidur juga menyebabkan menurunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh dan kinerja sel dalam memerangi infeksi. 
  • Menurunkan daya ingat
    Kurang tidur akan mengakibatkan seseorang mengantuk, yang merupakan salah satu penyebab orang mudah lupa atau memiliki sifat pelupa. Mengantuk juga menyebabkan hilangnya kemampuan berkonsentrasi. Jika hal ini terus berlanjut, maka jangan kaget jika ingatan Anda melemah.
  • Mempercepat penuaan dini
    Kurang tidur juga menyebabkan berkurangnya produksi hormon pertumbuhan, yang berperan dalam meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.

Selain menimbulkan berbagai masalah kesehatan di atas, kurang tidur juga turut bertanggung jawab atas banyaknya angka kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan kerja.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Bayam

Padahal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling banyak ibadahnya dan paling bertakwa. Tapi, beliau juga istirahat dan tidak begadang kecuali ada urusan kaum muslimin⠀

Yuk Sahabat,Inilah Efek Jika Kurang Tidur mari jaga pola tidur agar ibadah kita makin maksimal dan gunakan waktu untuk tidur sebagai istirahat dan tidak baik jika berlebihan tidur juga ya.⠀

37 views