Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Empat Bentuk Amal shalih

Allah menciptakan manusia hanya untuk menyembahNya. Allah berfirman : “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56). Tapi selain dari pada itu, kita juga di perintahkan untuk beramal shalih. Menurut M. Quraish Shihab, shalih diartikan dengan tiada atau terhentinya kerusakan. shalih juga dapat diartikan sebagai hal yang bermanfaat dan sesuai. Jadi, amal shalih merupakan pekerjaan yang apabila dilakukan tidak akan menimbulkan mudharat, tetapi menimbulkan manfaat. Maka Inilah Empat Bentuk Amal shalih yang perlu kamu ketahui.

Dengan definisi yang demikian, amal shalih merupakan perbuatan yang bermanfaat bagi pribadi, keluarga, kelompok/masyarakat, lingkungan.

Inilah Empat Bentuk Amal shalih

Keshalihan itu dapat dibagi menjadi empat kelompok, antara lain :

  1. Keshalihan pribadi, setiap Muslim itu mestinya memiliki sifat-sifat pribadi yang mulia, seperti amanah, jujur, pemaaf, tawadhu, sabar dan lainnya. Dengan sifat-sifat nya yang mulia itulah seseorang akan dapat berinteraksi dengan makhluk lainnya dengan baik.

Dalam Hadits Rasulullah disebutkan   bahwa pangkal dari keshalihan adalahberlaku benar dan jujur, dengan berlaku benar dan jujur akan membawa kita pada kebajikan. Kebajikan inilah yang akan membawa kita ke surganya Allah. Rasulullah bersabda : “Wajib atas kamu berlaku benar, karna sesungguhnya kebenaran itu akan membimbing kamu kepada kebajikan, dan kebajikan itu kan membimbing kamu kepada surga.” (HR. Bukhari).

  1.       Keshalihan pada keluarga, yaitu dalam bentuk memperlakukan dan menjalin hubungan dengan anggota keluarganya dengan sebaik-baiknya. Kita harusnya menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam hal ini. Rasulullah memperlakukan anggota keluarganya dengan penuh kasih sayang. Rasulullah juga bersabda : “Yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik terhadap keluarga. Dan aku adalah yang terbaik kepada keluarga,” (HR. Ibnu Asakir).
  2.       Keshalihan berkaitan dengan masyarakat atau orang lain yaitu bentuk amal shalih kita seperti sedekah, zakat, dan lainnya yang menciptakan manfaat bagi orang lain. Islam menekankan pentingnya manusia untuk berbuat baik kepada manusia lain. Rasulullah juga bersabda : “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”.  (HR. Ahmad). 

    Dalam Al-Qur’an juga disebutkan apa itu kebajikan, Allah berfirman : “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 177).

  1.       Keshalihan terhadap lingkungan itu adalah berlaku baik kepada binatang dan lingkungan hidup yang merupakan bagian yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan kita. Binatang juga merupakan makhluk Allah, maka binatang harus diperlakukan dengan baik. 

   Di pelihara dengan baik, dan disembelih dengan baik. Rasulullah bersabda : “Seorang perempuan diazab karena seekor kucing yang dikurungnya sampai mati. Dia pun masuk neraka karena perbuatan itu. Kucing itu tidak diberi makan dan minum ketika dia mengurungnya. Bahkan, dia tidak membiarkannya makan serangga di bumi.” (HR Muttafaq ‘Alaih).

Baca Juga : Amalan Sedikit Terus menerus Lebih dicintai Oleh Allah 

  Begitu juga dengan memperlakukan lingkungan dan tumbuhan dengan baik. Rasulullah juga bersabda : “Tidaklah seseorang Muslim menanam suatu tanaman atau menumbuhkan suatu tumbuh-tumbuhan, lalu dimakan oleh burung, manusia atau hewan, kecuali ia mendapatkan pahala sedekah” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabat, Inilah Empat Bentuk Amal shalih yang harus kita amalkan. Semoga setiap amal shalih dan sedekah kita diterima oleh Allah. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top