News

Inilah Hikmah Zakat Fitrah Yang Perlu Diketahui

Sahabat dermawan, sudah bayar zakat belum? Kalau belum yuk kita Tunaikan. Yuk simak artikel Inilah Hikmah Zakat Fitrah Yang Perlu Diketahui.

Syariat zakat fitrah yang di jalankan kaum Muslimin memiliki hikmah, dan hikmahnya besar sekali. Zakat merupakan salah satu ibadah yang wajib ditunaikan oleh semua umat Islam. zakat fitrah yang wajib di bayarkan setiap kali bulan Ramadhan tiba. Sama seperti ibadah-ibadah lainnya, selain mengetahui syarat dan waktu pelaksanaannya, hikmah zakat fitrah juga harus diketahui.

Apa itu Zakat Fitrah ?

Inilah Hikmah Zakat Fitrah Yang Perlu Diketahui

Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan kepada setiap Muslim sebagai santunan kepada orang-orang miskin, tanda berakhirnya bulan Ramadhan sebagai pembersih dari hal-hal yang mengotori puasa.

Apa saja Hikmah Zakat Fitrah ?

Zakat fitrah memiliki beberapa hikmah, baik bagi pelaksananya, maupun bagi mustahik (penerima) zakatnya. Salah satu hadits yang menerangkan tentang hikmah zakat fitrah antara lain adalah sebuah riwayat dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu yang artinya:

Baca Juga : Inilah Perbedaan Zakat, Infaq dan sedekah yang perlu dipahami.

“Rasulullah SAW mewajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk mensucikan diri orang-orang yang berpuasa dari senda gurau serta kata-kata keji, juga untuk memberi makan orang-orang miskin. Siapapun yang membayarnya sebelum melaksanakan salat Idulfitri, maka zakatnya akan diterima. Sedangkan yang membayar setelahnya, maka pahalanya hanya dianggap sebagai pahala sedekah.” (HR. Abu Daud).

Hikmah zakat fitrah beberapa di antaranya bisa kamu lihat pada uraian berikut ini:⠀

  1. Untuk menyucikan seseorang yang berpuasa dari perkataan yang sia-sia dan kata-kata kurang baik serta menutupi cacat (kekurangan) saat puasa. Jadilah kebaikan di hari raya menjadi sempurna⠀⠀
  2. Untuk memberi makan kepada orang miskin dan mencukupi mereka sehingga tidak perlu meminta-minta di hari raya, sekaligus membahagiakan mereka di hari raya. Jadilah hari raya itu menjadi hari kebahagiaan⠀
  3. Bentuk saling memberi kebaikan antara orang kaya dan orang miskin di hari raya⠀
  4. Mendapat pahala karena telah menunaikan zakat pada yang berhak menerima di waktu yang telah ditentukan⠀
  5. Zakat fitrah adalah zakat untuk badan/jiwa, yang Allah tetapkan setiap tahunnya di hari raya Idul fitri
  6. Zakat fitrah adalah sebagai bentuk syukur setelah puasa sempurna dilaksanakan (Lihat Az-Zakat fi Al-Islam, hlm. 322-324).

Sahabat, besar sekali ya ternyata hikmah zakat fitrah buat Islam dan kaum muslimin.

Bagaimana Ketentuan Menunaikan Zakat Fitrah ?

Besarnya zakat Fitrah adalah 1 sha’ yaitu 2176 gram atau 2,2 Kg beras atau makanan pokok. Dalam prakteknya jumlah ini digenapkan menjadi 2,5 Kg, karena untuk kehati-hatian. Hal ini dianggap baik oleh para ulama. Jangan sampai lupa ya kalau zakat fitrah ini dibayarkan maksimal sebelum shalat Idul Fitri.

Griya Yatim & Dhuafa selaku Lembaga Amil Zakat Nasional yang telah teregistrasi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dengan SK. Kemenag No. 287 Tahun 2018 siap menerima Zakat Fitrah Anda dan menyalurkannya kepada mustahiq.

Ayo tunaikan zakat fitrah secara mudah dan cepat lewat kitabisa. Nantinya zakat darimu akan disalurkan ke saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Share it on