Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Yang Harus Kita Ketahui

Alhamdulillah, Segala Puji Bagi Allah yang akan mempertemukan kita kembali dengan bulan yang suci dan penuh berkah ini, yaitu bulan ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Meskipun dalam keadaan yang kurang baik, yaitu adanya wabah virus corona ini, Namun Bulan Ramadhan tetaplah menjadi sesuatu yang sangat dinanti-nantikan disetiap kalangan masyarakat, dari yang tua hingga anak-anak. Dibulan yang suci Ramadhan ini, merupakan kesempatan bagi seluruh umat islam untuk meningkatkan ketakwaannya dan mendekatkan dirinya kepada Allah.

Sahabat Dermawan, berikut adalah beberapa keutamaan bulan ramadhan, Yuk simak…

Bulan Ramadhan Adalah Bulan Diturunkannya Al-Qur’an al-Karim

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dipilih oleh Allah sebagai bulan dimana diturunkannya Al-Qur’an, menurut beberapa para ulama, tepatnya adalah pada malam tanggal 17 Ramadhan. Allah berfirman  yang artinya :

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” ( QS.Al-Baqarah : 185)

Baca Juga : Inilah Beberapa Hal Yang Perlu disiapkan dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Pada Bulan Ramadhan Ditutupnya Pintu-pintu Neraka, Dibukanya Pintu-pintu Surga dan Dibelenggunya Setan-setan

Ketika datang bulan Ramadhan maka pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya : “Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” ( HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079 )

Ini menandakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang  begitu mulia, dimana dibukanya semua pintu keberkahan dan ditutupnya pintu keburukan.

Bulan Dikabulkannya Doa-doa

Pada bulan Ramadhan segala doa yang kita panjatkan kepada Allah akan mustajab. Sebagaimana Sabda Rasulullah yang artinya : ”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.”  (HR. al-Bazaar dari Jabir bin ‘Abdullah)

Dalam hadits yang lain juga di sebutkan, “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi”.(HR. At Tirmidzi)

Dalam hadits yang kedua, menunjukkan kesunnahan untuk berdoa bagi orang yang berpuasa (puasa apa saja). Terlebih lagi jika berpuasa di bulan Ramadhan, maka doa yang dipanjatkannya akan di kabulkan oleh Allah.

Terdapat Malam yang Lebih Baik Daripada 1000 Bulan

Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Malam tersebut adalah malam Lailatul Qadr, Sebagaimana firman Allah yang artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Keutamaan-keutamaan yang ada pada Lailatul Qadr yang hanya datang 1 kali tiap tahunnya pada bulan Ramadhan merupakan sesuatu yang tidak boleh kita lewatkan, banyak muslimin yang berjaga sepanjang 10 malam terakhir bulan Ramadhan dengan berzikir ataupun tilawatil Qur’an agar tidak melewatkan malam yang penuh berkah ini.

Malam Lailatul Qadr terdapat diantara malam-malam ganjil 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan. Sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya : “Carilah Lailatul Qadr pada malam-malam ganjil dari sepuluh malam terakhir Ramadhan” (HR. Bukhari)

Bulan yang Dipenuhi Rahmat dan Maghfirah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan rahmat Allah. Pada bulan Ramadhan ini setiap orang dipenuhi oleh rasa kasih sayang terhadap sesama. Kebersamaan menjadi salah satu ciri dari bulan Ramadhan. Bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh dengan ampunan. Karena sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya : “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan iman dan penuh pengharapan serta ketulusan, niscaya Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘alaih).

Dilipat Gandakannya Pahala Semua Amalan

Pada bulan Ramadhan segala amal soleh kita akan dilipat gandakan oleh Allah. Adapun pendapat yang berkata bahwa amalan sunnah dibulan Ramadhan akan diganjar dengan amalan wajib, dan amalan wajib akan dilipat gandakan 70 kali lipat.

Maka dari itu pada bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, memberi makan anak yatim dan dhuafa, dan juga membayar zakat. Sangat dianjurkan untuk memberi makan orang yang berbuka puasa, sebab Rasulullah bersabda yang artinya : “Siapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun juga.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah). Selain itu amalan ini mudah untuk kita amalkan dibulan Ramadhan saja.

Demikian beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan yang semoga saja kita dapat mengoptimalkan keutamaan-keutamaan tersebut sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Meskipun dalam masa pandemi virus corona ini, kita harus tetap semangat untuk beribadah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Indonesian ID
Scroll to Top