Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Manfaat mendirikan Shalat

admin

Shalat sebagai kewajiban seorang muslim

Shalat merupakan salah satu dari rukun islam. Perintah shalat diberikan kepada Rasulullah ketika Rasulullah melakukan perjalanan Isra dan Mi’raj. Shalat yang diperintahkan wajib untuk dilaksanakan adalah 5 waktu dalam sehari. Yaitu, isya, subuh, zuhur, asar, dan maghrib. Sedangkan dalam palaksanaannya, Rasulullah bersabda : “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat.” (HR. Baihaqi). Maka Inilah Manfaat mendirikan Shalat.

Tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk meninggalkan kewajiban shalat. Allah Maha Pemurah, shalat itu dapat dilaksanakan dalam keadaan apapun selagi tubuh kita suci. Selalu ada kemudahan yang Allah berikan. Ketika sedang sakit dan tidak bisa berdiri, maka boleh shalat sambil duduk. Jika tidak bisa duduk, dibolehkan sambil tidur. Begitu pula jika kita lupa, maka boleh mendirikan shalat ketika kita ingat. Maka orang-orang yang tidak shalat adalah dikarenakan penyakit dalam hatinya.

Orang-orang yang tidak mendirikan shalat maka dianggap kafir. Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya batas antara seseorang dengan syirik dan kufur itu adalah meninggalkan shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim). Imam An-Nawawi menjelaskan, “Jika seseorang meninggalkan shalat, maka tidak ada antara dirinya dan kesyirikan itu pembatas, bahkan ia akan terjatuh dalam syirik. Istilah syirik dan kafir kadang bisa bermakna sama yaitu kafir kepada Allah.”.

Inilah Manfaat mendirikan Shalat

Tidaklah dianggap beriman orang-orang yang tidak mendirikan shalat. Karena mereka telah melalaikan perintah wajib yang Allah berikan. Dan mereka tidak percaya bahwa dalam mendirikan shalat terdapat manfaat dan juga keutamaan yang sangat besar.

Manfaat  Mendirikan Shalat

Setiap perintah yang Allah berikan, dan di setiap sunnah yang Rasulullah lakukan, selalu terdapat manfaat di dalamnya. Begitu juga dengan perintah untuk mendirikan shalat. Berikut beberapa manfaat shalat.

 

  • Mencegah perbuatan keji dan mungkar

 

Mendirikan shalat itu dapat mencegah diri kita dari perbuatan keji dan mungkar. Allah berfirman : “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al-Ankabut: 45). Dari Abu Hurairah, ia berkata “Ada seseorang yang pernah mendatangi Nabi. Ia berkata, “Ada seseorang yang biasa shalat di malam hari namun di pagi hari ia mencuri. Bagaimana seperti itu?” Beliau lantas berkata, “Shalat tersebut akan mencegah apa yang ia lakukan.” (HR. Ahmad).

 

  • Shalat sebagai solusi permasalahan hidup

 

Manusia itu makhluk yang lemah. ketika ia tertimpa musibah dan cobaan, maka tidak ada yang bisa dilakukannya selain memohon pertolongan. Dan hanya kepada Allah-lah kita memohon pertolongan. “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.” (QS. Al-Fatihah : 5).

Oleh karena itu, shalat adalah solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan hidup kita. Dalam shalat kita memohon dan berdoa, maka Allah akan kabulkan doa kita. Sebab saat shalat lah jarak kita paling dekat denga Allah. Rasulullah bersabda : “Posisi paling dekat seorang hamba dengan Rabbnya yaitu ketika dia sujud, maka perbanyaklah doa.” (HR Muslim).

 

  • Sebagai penenang hati

 

Manusia itu makhluk yang selalu dalam kegelisahan. Hal itu disebabkan ketidaktahuan yang terhadap hal yang akan datang. Salah satu hal yang paling ampuh untuk menenangkan hati adalah dengan mendirikan shalat. Shalat dapat menenangkan hati yang gelisah. Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya shalat dijadikan untukku sebagai penenang hati.” (HR. An Nasai).

Baca Juga : Kunci Agar Dicintai Allah dan Rasul-Nya

Allah juga menyebutkannya dalam Al-Qur’an : “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d : 28). Dalam shalat itu mengandung zikir, atau mengingat Allah.

Dan masih banyak lagi manfaat mendirikan shalat. Bahkan di era yang modern ini, sudah ada penelitian yang menyebutkan manfaat dari setiap gerakan yang ada dalam shalat dalam segi kesehatan. Subhanallah.

Sahabat, Inilah Manfaat mendirikan Shalat, setelah mengetahui beberapa dari manfaat mendirikan shalat semoga dapat membuat diri kita lebih giat dalam mendirikan shalat, yang wajib maupun sunnah. Semoga Allah senantiasa memberikan nikmat keimanan sampai akhir hayat. Aamiin…

150 views