Griya Yatim & Dhuafa

Inilah manfaat minum air putih untuk kesehatan Di tengah wabah virus corona

Minum merupakan kebutuhan manusia yang paling penting. Secara teori, orang normal pada umumnya hanya dapat bertahan hidup selama 3-4 hari, jika tidak minum sama sekali. Namun dalam dunia nyata, dehidrasi dapat terjadi lebih cepat sehingga tidak tepat seperti teori tersebut. Manusia dapat bertahan hidup lebih lama jika orang tersebut tidak makan, dibanding dengan orang tersebut tidak minum. Ini membuktikan bahwa tubuh kita sangat memerlukan cairan agar dapat berfungsi dengan baik. Jika kekurangan cairan, maka akan terjadi kegagalan sistem dalam tubuh. Air putih juga merupakan salah satu dari sistem kekebalan tubuh, karena dapat melarutkan zat-zat yang bersifat racun bagi tubuh.

Allah ta’ala berfirman : “Dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar kami menghidupkan dengan air itu negeri ( tanah ) yang mati dan agar kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk kami, binatang – binatang ternak dan manusia yang banyak”. ( Qs. Al – Furqon : 48 – 50 ). Semua ciptaan Allah ta’ala hakikatnya memiliki manfaat untuk manusia termasuk juga air.

Baca Juga : PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN PSIKOLOGIS SAAT PANDEMI WABAH VIRUS CORONA

Air merupakan salah satu sumber daya terpenting bagi keberlangsungan semua makhluk di bumi. Terkhusus pada manusia, air menjadi satu kebutuhan vital sehari-hari yang mewujud dalam bentuk air minum atau air putih. Tak heran jika sejak kecil kita sudah diajarkan dan diberitahu bahwa meminum air putih itu baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam masa pandemi wabah virus corona saat ini, kita harus selalu menjaga kebersihan dan juga kesehatan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan, kita dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih.   

Inilah manfaat minum air putih untuk kesehatan Di tengah wabah virus corona

Beberapa Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh :

  •  Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sehingga tubuh tidak dehidrasi dan menyebabkan gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan.
  • Membantu memberikan asupan energi pada otot-otot, dan juga melumasi persendian sehingga tidak memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu dalam menyeimbangkan asupan kalori bagi tubuh. Meminum air putih juga sangat membantu pada proses diet dan mencegah kenaikan berat badan.
  • Agar kulit tidak kering dan berkerut
  • Membantu proses pencernaan sisa-sisa metabolisme. Banyak minum air putih dapat menjaga kesehatan ginjal.

Kebutuhan cairan pada tubuh kita harus terpenuhi. Minimal adalah 2 Liter perhari. Jangan sampai tidak, karena tubuh kita ini 60-70% berupa air, Sehingga jika kita kekurangan air maka akan sangat rentan terkena penyakit karena darah yang mengental maupun penyebab lainnya.

Dalam upaya hidup sehat ditengah-tengah wabah virus corona ini, kita harus banyak berolahraga, berjemur, dan juga banyak minum air putih.

Penyemprotan Wabah Virus Corona
Penyemprotan Wabah Virus Corona

Tips Untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Berikut ini beberapa Tips Untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh kita ditengah-tengah wabah virus corona. Sahabat Yuk Simak..

  • Cobalah untuk terbiasa dengan meminum air putih setelah makan dan ketika makan cemilan. Bukannya meminum minuman yang mengandung soda, karena soda tidak baik untuk tubuh.
  • Sediakanlah gelas atau botol yang berisi air minum di dekat kita, agar lebih mudah.
  • Jangan pernah lupa untuk membawa botol air minum ketika akan pergi keluar rumah.
  • Makan buah-buahan yang banyak mengandung air. Misalnya : melon dan semangka.
  • Jangan pernah menunda untuk minum ketika sudah merasa haus, karena haus merupakan bentuk dari dehidrasi ringan.

Sahabat Dermawan, Setelah kita mengetahui betapa pentingnya minum air putih, kita jangan sampai tidak memenuhi kebutuhan cairan harian kita. Agar kita tetap sehat walaupun ditengah-tengah pandemi virus corona ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Indonesian ID
Scroll to Top