Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Manfaat Sujud Bagi Kesehatan

Donasiberkah – Sahabat dermawan, bukanlah semata-mata hanya gerakan sholat saja, ternyata ada manfaat di dalam sujud bagi kesehatan yang akan didapatkan. Gerakan shalat memang diketahui memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan pada saat sujud terakhir dianjurkan untuk berlama-lama sambil memanjatkan doa. Inilah artikel inilah manfaat sujud bagi kesehatan, yuk kita simak.

Sebagaimana yang di ceritakan dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:   “Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa” (HR. Muslim).

Baca Juga : Inilah Manfaat mendirikan Shalat

Manfaat Sujud Yang Kita Lakukan 

Mungkin, banyak dari kita umat muslim yang tidak mengerti dan memahami apa hikmah yang ada pada saat melakukan sujud. Perlu diketahui, bahwa Allah tidaklah menyuruh manusia untuk melakukan sesuatu secara sia sia. Dan pastinya memiliki manfaat dan juga kelebihan yang bahkan melampaui akal kita sebagai manusia.

Nah, sujud sendiri adalah gerakan meletakkan bagian paling tinggi dari tubuh manusia (kepala) di atas lantai. Sujud merupakan salah satu gerakan di dalam shalat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Terutama manfaatnya yakni menjaga kesehatan otak.

Inilah Manfaat Sujud Bagi Kesehatan
       Inilah Manfaat Sujud Bagi Kesehatan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku” (HR. Muslim).

Menurut Ulama pada saat ini mengatakan, Dr Zakir Naik’, “Tidak ada senam yang lebih baik dari yang dilakukan oleh seorang Muslim seperti sujud dan berdoa kepada Allah.”

Baca Juga : Inilah 5 Manfaat Sedekah

Sujud Akan Memberikan Ketenangan 

Sujud tidak hanya berguna untuk meningkatkan kesehatan fisik, namun juga berguna untuk psikologis dan kejiwaan seseorang. Seseorang yang secara teratur melakukan sujud sesuai dengan sunnah Rasulullah, akan mendapatkan ketenangan. Dengan ketenangan inilah yang akan membuat kehidupan seseorang lebih tentram dan berkah.

Nah, manfaat sujud yang lain bagi kesehatan, pada saat seseorang melakukan sujud, maka akan ada suplai aliran darah menuju ke otak. Pada saat inilah otak menjadi sehat dan fresh. Dengan demikian, mampu menghindari penyakit kulit pada wajah.

Baca Juga : Keutamaan dan Kemuliaan Shalat Dhuha

Pada saat seseorang bangkit dari sujudnya, maka akan ada tekanan lebih pada otot betis. Pada otot betis sendiri, dikenal sebagai peripheral heart yang akan memompa darah ke bagian bawah tubuh. Jadi gerakan sujud sangat bermanfaat bagi kesehatan. Secara sains, sujud bahkan lebih baik dari pada olahraga yoga atau meditasi transcendental.

Yuk Kak, hendaknya kita memperbaiki dalam shalat kita, karena di dalam shalat banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top