News

Inilah Manfaat Temulawak

Sahabat, Temulawak atau yang disebut juga Curcuma xanthorniza merupakan tumbuhan yang  merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang mirip kunyit. Berbeda dengan kunyit dalam masalah rasa dan penggunaannya, Namun sama-sama memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Inilah Manfaat Temulawak yang perlu kamu ketahui.

Tanaman herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya. Oleh karena itu, temulawak sering dibudidayakan di dataran tinggi untuk diolah menjadi suplemen atau dijual langsung. Temulawak juga sering kali dijadikan jamu karena memiliki banyak manfaat.

Manfaat Temulawak

Inilah Manfaat Temulawak

Manfaat temulawak yang sering digunakan yaitu sebagai bahan dasar dalam obat-obatan herbal untuk menangani gangguan kesehatan dan produk kecantikan. Bagian dari temulawak yang dipercaya paling berkhasiat untuk kesehatan adalah akar dan batang yang tumbuh di dalam tanah. Manfaat temulawak dipercaya mampu membantu mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah gangguan pencernaan seperti gangguan kantong empedu dan penyakit liver.

Kondisi ini umumnya diiringi gejala-gejala seperti kembung, nyeri ulu hati, dan mual. Dari penelitian yang telah dilakukan, manfaat temulawak berpengaruh pada metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak adalah proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi bagi tubuh. Penelitian ini menemukan, temulawak mengandung bahan aktif selain curcuminoid, yang memengaruhi sistem metabolisme lemak.

Fungsi pencernaan seseorang dapat juga membaik dengan rutin mengkonsumsi temulawak, karena temulawak dapat mengaktifkan produksi empedu pada katung empedu. Dengan begitu berbagai masalah pencernaan bisa teratasi termasuk kembung, gas dan dispepsia. Selanjutnya, konsumsi temulawak tetap harus dibatasi, karena, konsumsi dalam jangka panjang atau dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan mual dan menyebabkan iritasi lambung.

Manfaat Temulawak untuk anak

Temulawak juga bermanfaat untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Saat ini, banyak anak-anak yang tidak nafsu makan, dan berakhir terjangkit penyakit. Untuk menghindari itu, temulawak bisa menjadi penambah nafsu makan. Selain itu, temulawak juga dapat menjaga daya tahan tubuh anak.  Karena temulawak mengandung banyak vitamin C, E, B6, dan zat besi, yang dapat menjaga tubuh dari infeksi. Sehingga anak tidak mudah terjangkit penyakit.

Tidak hanya itu, suatu penelitian telah menyebutkan bahwa, temulawak mengandung kaya antioksidan. Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radiasi-radiasi bebas. Sehingga mengkonsumsi temulawak akan mengurangi risiko anak terkena penyakit kanker. Antioksidan juga dapat mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh Si anak.

Efek samping Temulawak

Sebaiknya temulawak dikonsumsi dalam waktu yang singkat. Sahabat, penting untuk dipahami juga bahwa mengkonsumsi temulawak perlu disesuaikan dengan beberapa faktor, mulai dari usia dan kondisi kesehatan seseorang. Jadi, dosis yang tepat konsumsi temulawak tiap orang bisa berbeda-beda. Sebab, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping.

Efek samping yang dapat ditimbulkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi temulawak adalah iritasi perut dan mual. Selain itu, bagi orang yang memiliki masalah empedu dan penyakit hati, lebih baik untuk mengurangi konsumsi temulawak. Karena dapat memicu peningkatan produksi empedu. Yang nantinya bukan malah menyehatkan, namun malah memperburuk keadaan.

Baca Juga : Manfaat Lada Hitam

Juga diingatkan bagi wanita hamil atau sedang menyusui, temulawak belum di jamin aman untuk dikonsumsi. Maka lebih aman untuk menghindari konsumsi temulawak.

Sahabat, Inilah Manfaat Temulawak yang kita dapatkan setelah mengkonsumsi temulawak. Namun jangan berlebihan, karena dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Semoga dengan pengetahuan yang kita dapatkan diatas, kita dapat mengambil setiap manfaat dari temulawak dan menghindari efek sampingnya.

Share it on