Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Pemuda Harapan Agama

Kak, kabanyakakan orang pada zaman ini menggunakan masa muda untuk berpesta, berfoya-foya, ingin menikmati kehidupan  bersama teman-teman mereka, tetapi kita  jangan sampai terlena di masa muda saat ini. Sebagaimana Allah berfiman: “Sesungguhnya kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.” (QS. Al-Kahfi : 7). Yuk kita simak Inilah Pemuda Harapan Agama yang perlu kamu ketahui ya sahabat.

Karena waktu terus berjalan tak akan pernah  kembali seperti dulu lagi kak, oleh sebab itu kita jangan tertipu dengan hiasan dunia yang hanya menipu dan hanya sementara. Maka Rasulullah memberikan nasihat kepada Ibnu Abbas, anak pamannya yang masih belia. Agar ia menggunakan masa mudanya untuk hal-hal bermanfaat. Rasulullah shallalhu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang yang lima perkara: masa mudamu sebelum masa tuamu…..”(HR. Hakim dengan sanad yang shahih). 

Selagi Allah masih memberikan kesempatan kepada kita kak, maka kita pergunakan masa muda kita untuk menolong agama Allah.Barang siapa yang menjaga agama Allah pada usia muda, maka Allah akan menjaganya usiannya semakin menua dan kekuatannya semakin melemah.

Inilah Pemuda Harapan Agama

Allah akan selalu menjaganya dalam setiap kehidupannya baik penglihatannya, pendengaran dan akal pikirannya. Allah akan memudahkan dalam setiap urusannya baik di dunia maupun di akhirat. Allah akan memuliakannya pada hari kiamat dengan memberikan naungan, pada hari tiada naungan kecuali dengan  naunganNya.

Terlebih lagi pemuda adalah harapan bangsa dan agama jangan sampai generasi islam rusak dengan hal-hal yang dapat merusak akidah. Dan Allah juga sangat mencintai pemuda sebagaimana nabi bersabda: “Rabbmu kagum dengan pemuda yang tidak memiliki shobwah.” (HR. Ahmad). Shobwah adalah kecondongan untuk menyimpan dari kebenaran.

Oleh karena itu pemuda adalah di mana mereka memiliki kepekaan yang tinggi, berpikir kritis dan memiliki kemampuan yang sangat luar biasa di dalam setiap potensinya, karena itulah islam memberikan perhatian besar kepada generasi muda . Di masa lalu, banyak pemuda yang sangat luar biasa dalam segi apapun,oleh karena itu islam memberikan perhatian besar pada generasi muda islami.

Pemuda Dalam Islam

Pemuda islam itu sebagai kekuatan utama umat. Pemuda lah yang menjadi penggerak yang penuh energi dan semangat. Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baazz rahimahullau Ta’ala berkata :

“Musuh-musuh Islam telah mengetahui fakta ini. Mereka pun berusaha merintangi jalan para pemuda muslim, mengubah pandangan hidup mereka, baik dengan memisahkan mereka dari agama, menciptakan jurang antara mereka dengan ulama dan norma-norma yang baik di masyarakat. Mereka memberikan label yang buruk terhadap para ulama sehingga para pemuda menjauh, menggambarkan mereka dengan sifat dan karakter yang buruk, menjatuhkan reputasi para ulama yang dicintai masyarakat, atau memprovokasi penguasa untuk berseberangan dengan mereka.” (Fatwa Syaikh Ibnu Baaz, 2/365).

Baca Juga : Lima Perkara Sebelum Lima Perkara Menimpamu

Dalam sejarah islam pun telah terbukti bahwa para pemuda sangat berkontribusi dalam kemenangan islam.Fitrah manusia memiliki gharizah tadayyun, yaitu menjadi hamba yang senantiasa taat kepada Allah. Sebagaimana Allah berfirman: “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembahnya (beribadah).” (QS. Adz-Dzariyat : 56). Begitu pula para pemuda, dimasa transisi mereka harus cenderung untuk senantiasa totalitas dalam ketaatannya  kepada Allah semata.

Jangan sampai kita memiliki waktu muda kita untuk bermain-main saja sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : ”Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu akan dikembalikan kepada kami?” (QS. Al-Mukminun : 115).

Inilah Pemuda Harapan Agama, kita maksimalkan masa muda yang kita miliki ini, untuk berbuat kebaikan, dan berjuang membela islam. Semoga kita semua dapat menjadi pemuda harapan agama yang dapat memenangkan islam.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top