Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Penyebab Rezeki Macet

Inilah Penyebab Rezeki Macet
                                         Inilah Penyebab Rezeki Macet

Donasiberkah – Sahabat dermawan, ketika pekerjaan sulit, kondisi keuangan tidak baik, keluarga yang kurang harmonis, sering tertimpa musibah, jangan-jangan semua itu datang karena dosa yang mengundang. Ya, tertahannya rezeki dalam berbagai bentuknya bisa saja terjadi karena hukuman Allah atas dosa-dosa kita.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : “Sesungguhnya seseorang itu akan terhalang dari rezeki disebabkan oleh dosa yang dilakukannya,” (HR. Ahmad).

Baca Juga : Di Pagi Hari Terdapat Keberuntungan Dan Keberkahan⠀

Kak, mungkin sebagian dari kita ada yang berpendapat tentang rezeki yang mereka dapatkan. Mereka merasa rezekinya selalu susah (rezekinya macet). Kenapa tetangga rumah ada saja rezeki yang dia dapat dan bahkan selalu bertambah rezekinya. Namun kenapa kita sendiri susah untuk mendapatkan rezeki tersebut? Mungkin ada sesuatu yang hendaknya kita cari tau solusinya, di antaranya:

Kurangnya Kita Bersyukur Atas Nikmat Allah

“Dan ingatlah tatkala Rabbmu memaklumkan, sesunguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami, akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih,” (QS. Ibrahim : 7).

Kak, melalui ayat diatas Allah menyatakan bahwa, jika seorang hamba mampu bersyukur atas apa pun yang diberikan-Nya pada hari itu. Maka Allah menjanjikan pasti akan ditambah dengan nikmatnya. Maka rasa syukur tidak hanya diungkap melalui ibadah saja, namun juga melalui hati dan perilaku.

Inilah Penyebab Rezeki Macet
            Inilah Penyebab Rezeki Macet

Kurangnya Kesabaran Pada Diri Kita

Pada hakikatnya, kehidupan yang kita alami ini akan terus berputar, kadang-kadang kita berada di atas, namun kadang pula kita berada di bawah. Sebagaimana manusia, tentunya kita ingin merasakan kehidupan yang bahagia, senang dan berkah. Namun semua itu urusan dan ketetapan Allah, manusia tidak bisa mengaturnya . Hal ini tentunya tidak lepas dari ujian yang akan Allah berikan kepada hamban-Nya.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,” (Qs. Al-Baqarah : 155).

Baca Juga : Nikmatnya Bersedekah

Orang yang hidup tidak akan pernah terlepas dengan ujian, sebab ujian merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada hambanya. Dengan cara itu pula Allah akan menaikan derajat, oleh karenanya jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah dan kuatkan lah kesabaran.

Pelajaran Agar Bekerja Lebih Keras & Giat

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak  ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia (Allah),” (QS. Al-Ra’du : 110).

Baca Juga : Tidak Ada Yang Harus Disombongkan 

Kak, hendaknya setiap diri ini melakukan introspeksi diri masing-masing, agar rezeki kita tidak tertahan (macet) karena sebuah perbuatan buruk yang mengundang murka nya Allah. Nah, salah satu kunci agar rezeki kita tetap lancar, salah satunya dengan menunaikan sedekah. Sebab sedekah dapat memperlancar rezeki. Semoga bermanfaat. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim.

Donasi Sekarang Griya yatim
           Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top